NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

5 Tips Penting Memilih Pelek Mobil Berkualitas | JBA Indonesia

News picture 5 Tips Penting Memilih Pelek Mobil Berkualitas | JBA Indonesia

JBA - Pelek merupakan peranti berpijak yang amat penting bagi mobil. Karena itu, pemilihannya pun tidak boleh sembarangan. Jika Anda menggantinya dengan bahan serta ukuran yang asal-asalan. Maka bukan hanya faktor kenyamanan saja yang akan terganggu, namun juga faktor keamanan berkendara Anda juga akan mengalami masalah. Karena itu sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda memilih pelek mobil yang akan Anda gunakan, antara lain yaitu:

Pemilihan desain atau model

Hal paling mendasar yang perlu Anda lakukan sebelum memilih pelek mobil adalah dengan memastikan gaya apakah yang Anda inginkan. Poin ini cukup penting sebab dapat menjadi penilaian apakah desain yang akan Anda gunakan telah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Selain itu, desain atau model suatu pelek dipercaya dapat mendongkrak keanggunan serta gaya mobil yang Anda gunakan. Karena itulah, Anda perlu menyesuaikan antara kebutuhan dengan selera. Kemudian pastikan juga bahwa ukuran pelek yang Anda pilih telah sesuai dengan rekomendasi.

Baca Juga: 5 Aksesori Wajib yang Perlu Ada di Mobil Sebelum Digunakan Mudik

Kelas dan Kualitas Pelek

Setelah Anda menentukan desain yang akan Anda gunakan. Langkah selanjutnya adalah dengan mengenali kualitas pelek. Apalagi saat ini di pasaran telah tersedia berbagai model pilihan pelek mobil, mulai dari yang berbentuk satu bagian atau one piece hingga tiga bagian atau three piece. Selain itu, beragam jenis pelek rupanya juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Untuk model satu bagian atau one piece, biasanya lebih tahan lama karena telah dirancang dalam bentuk kesatuan yang utuh. Namun, kekurangannya model one piece adalah bobotnya lebih berat.

Sedangkan untuk model three pieces mempunyai keunggulan, terutama mengenai komponen pengganti. Dimana jika salah satu bagian pelek mengalami kerusakan, maka bagian tersebut dapat diganti dengan yang baru. Selain itu, pelek dengan model tiga potong dikenal mempunyai bobot yang terbilang ringan sehingga mampu mendukung kinerja mobil Anda.

Selain itu, pastikan kualitas pelek yang Anda pilih termasuk jenis asli, replica ataukah imitasi (kw). Sedangkan untuk mengetahui apakah pelek yang Anda pilih berkualitas, maka cara sederhana yang bisa Anda gunakan adalah dengan melihat secara kasat mata tingkat kehalusan finishing pelek, kerapihan baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Pelek dikategorikan jelek apabila terdapat banyak bekas serpihan besi yang masih nampak kasar.

Perhatikan spesifikasi pelek

Langkah selanjutnya adalah dengan mengenali ukuran Pitch Centre Diameter (PCD) yang terdapat pada as roda. PCD pelek biasanya diletakkan dari jarak antara lubang baut satu dengan lainnya. Misalnya, jika pada pelek tertulis 4x100, maka hal itu menandakan jika pelek tersebut terdiri dari 4 lubang dengan PCD 100 mm.

Baca Juga: 3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas

Setelah itu, lihatlah lebar pelek mobil yang Anda pilih. Sebab, variabel ini akan menentukan besaran pelek dari sisi terdalam ke bagian luarnya. Selain itu, ukuran lebar juga turut mempengaruhi pada profil ban yang akan digunakan.

Tidak lupa juga sebaiknya Anda memperhatikan offset dari pelek mobil yang Anda pilih. Sebab, parameter ini turut menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar pelek dari fender mobil. Ukuran pun dipengaruhi dari tingkat ketebalan lingkaran tengah yang terdapat pada bagian dalam pelek yang bersinggungan langsung dengan permukaan mounting pelek mobil tersebut. Sebab, semakin kecil nilai offsetnya, maka bagian bibir luar pelek akan semakin keluar dari fender. Sebaliknya, jika semakin besar nilai offset bagian depan pelek, maka akan semakin ke dalam fender.

Kenali materialnya

Pada umumnya pelek mobil yang dijual di toko khusus mempunyai material yang cukup beragam, mulai dari jenis logam ringan seperti billet steel, magnesium atau forged alloy. Bisanya para konsumen akan lebih memilih bobot utuh dan lebih ringan daripada pelek yang terbuat dari material baja. Alasannya cukup sederhana, sebab dengan menerapkan pelek yang lebih ringan pada mobil Anda, maka secara otomatis akan mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa perlu mengesampingkan daya tahan dari pelek itu sendiri. Hal itu tentu saja membuat keseluruhan nilai bobot mobil menjadi berkurang sehingga membuat kinerja mesin menjadi tidak terlalu berat, baik dalam memutar roda ataupun saat melakukan pengereman.

Pilihlah Toko yang Terpercaya

Baca Juga: Ingin Aki Mobil Awet? Begini Loh Cara Merawatnya dengan Benar

Agar mendapatkan pelek yang berkualitas, sebaiknya Anda memilih toko yang terpercaya, terutama testimoni dari teman, kerabat dan keluarga Anda. Hal ini sangat penting sebab telah banyak toko yang menjual barang yang awalnya merupakan barang replika. Namun si penjual mengatakan bahwa itu barang asli. Bahkan yang lebih parah lagi adalah penjual yang menjual pelek rekondisi namun disulap nampak seperti baru. Hal ini tentu sangat membahayakan dan merugikan konsumen.