Tips Ampuh Mengatasi Detonasi Pada Mesin

News picture Tips Ampuh Mengatasi Detonasi Pada Mesin
date_range 2023-05-23
schedule 15:20:38
Tips Ampuh Mengatasi Detonasi Pada Mesin

JBA Indonesia - Detonasi atau knocking merupakan gejala pada mesin yang ditandai dengan keluarnya suara ketukan dan suaranya mirip palu yang mengetuk blok silinder. Kondisi ini terjadi karena terdapat premature combustion yakni pembakaran yang tidak terstruktur seperti seharusnya dan terjadi saat langkah kompresi (pre-ignition).

Hal ini bisa terjadi tanpa Anda sadari pada mesin mobil baik karbu maupun yang sudah injeksi dengan pokok masalah seperti nilai oktan bensin terlalu rendah, temperatur mesin terlalu tinggi (overheat), ataupun tekanan kompresi berlebihan.

Lalu bagaimana langkah solusi dalam mengatasi kondisi ini? Berikut tips mudah yang ampuh untuk Anda lakukan:

 

  1. Menggunakan Bensin dengan Oktan Tinggi

Apabila mobil anda berbahan bakar bensin, maka wajib hukumnya untuk selalu memberikan asupan bahan bakar yang terbaik yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil anda. Ini penting karena nilai oktan berpengaruh pada ketahanannya terhadap tekanan tinggi. Apabila anda menggunakan bensin beroktan rendah namun tekanan kompresi mobil anda itu tinggi, maka knocking akan terjadi.

 

  1. Membersihkan Ruang Bakar Menggunakan Carbon Cleaner

Deposit didalam ruang bakar juga bisa menyebabkan knocking. Deposit adalah karbon hasil pembakaran yang tidak sempurna, meski jumlahnya kecil tetapi jika terus bertumpuk akan menjadi deposit yang cukup menganggu. Oleh karena itu, membersihkan ruang bakar menjadi solusi Anda untuk mengeluarkan semua deposit yang memenuhi ruang bakar sehingga tekanan kompresi bisa kembali normal.

 

  1. Membersihkan Busi dan Filter Udara

Membersihkan busi juga tak kalah penting. Khususnya ketika Anda melakukan langkah kedua, saat busi dalam posisi terlepas anda bisa langsung membersihkannya dari deposit yang mungkin saja menempel. Selain itu, bersihkan pula filter udara motor agar aliran udara lancar dan memastikan udara tersaring dengan sempurna dengan melakukan tune up mesin.

 

  1. Mengganti Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar, berfungsi untuk menyaring kotoran dari aliran bensin. Kalau kondisinya kotor, dikhawatirkan akan mengganggu aliran bensin serta sisa bensin sebelumnya yang beroktan rendah kembali menimbulkan knocking. Setidaknya lakukan penggantian filter bahan bakar setiap 20.000 KM dapat mencegah terjadinya knocking, penggantian filter bensin juga akan mencegah mesin brebet.

 

Empat langkah diatas adalah tips mudah yang bisa Anda lakukan dalam merawat mobil kesayangan Anda. Apabila ingin mencari mobil bekas dengan performa tanpa knocking, Anda bisa menemukannya pada balai lelang otomotif JBA yang memudahkan Anda dalam pengecekan detail unitnya. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat klik disini atau dapat menghubungi customer services kami di 021 1500 369.

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp