Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan Tips Ini

News picture Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan Tips Ini
date_range 2019-06-03
schedule 15:08:37
Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan Tips Ini

JBA - Mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya, di mana terdapat jutaan pemudik yang nantinya akan melakukan perjalanan ke kampung halaman melalui berbagai jalur, mulai dari darat, laut, dan udara.

Namun, apa pun jalur yang ditempuh, mudik yang dilakukan biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan dilakukan dalam waktu yang lama. Karena itu, sebelum Anda berangkat, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari asupan makanan serta pola tidur.

Di antara berbagai moda transportasi yang sering digunakan oleh para pemudik, sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang paling banyak digunakan. Meskipun pemerintah telah memberikan anjuran agar para pemudik tidak memilih sepeda motor sebagai moda transportasi angkutan mudiknya, namun tetap saja jenis kendaraan ini banyak dipilih karena berbagai pertimbangan, seperti biaya yang tergolong murah serta cepat sampai.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Berdasarkan data, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2014, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak 2.5 juta orang, maka di tahun 2016 jumlah meningkat menjadi 4,7 juta, lalu di tahun 2017 dan 2018, jumlahnya mengalami peningkatan yang cukup tajam hingga lebih dari 6 juta.

Meski begitu, kendaraan ini merupakan jenis transportasi dengan angka kecelakaan mudik terbanyak setiap tahunnya, dengan persentase sebesar 75 persen.

Karena itu, untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan, Anda perlu mengetahui beberapa tips mudik aman menggunakan sepeda motor yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

1. Fisik

Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, sebaiknya persiapkan fisik Anda agar tetap prima selama berkendara. Karena itu, agar fisik Anda tetap prima selama melakukan perjalanan mudik, sebaiknya beristirahatlah setiap 2 jam dengan interval waktu istirahat, mulai dari 15 hingga 30 menit. Sewaktu beristirahat, sebaiknya Anda melakukan peregangan untuk melemaskan otot. Namun yang paling penting sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor adalah mempersiapkan perlengkapan berkendara, mulai dari surat-surat, jas hujan, helm, jaket, serta sarung tangan.

2. Waktu

Selain fisik, faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah waktu keberangkatan mudik Anda. Jika Anda mudik mendekati lebaran, maka tentu Anda akan dihadapkan dengan lalu lintas yang padat yang tentunya akan menguras fisik Anda, dan sebaiknya hindarilah untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor di malam hari, namun disarankan untuk melakukan perjalanan di waktu subuh. Sebab, di waktu tersebut tubuh dalam keadaan bugar asalkan waktu tidur Anda cukup.

3. Membawa Barang Secukupnya

Jika Anda mudik, sebaiknya bawalah barang secukupnya saja, dan tidak terlalu banyak, apalagi jika Anda mempunyai bobot berat serta ukuran yang besar. Selain itu, pastikan jika barang bawaan Anda tidak menutupi pelat nomor serta menghalangi lampu dan mengganggu pengoperasian kemudi yang tentunya dapat membahayakan pengendara. Jika Anda ingin tetap membawa banyak barang, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa pengiriman barang yang tentunya lebih aman.

4. Rencanakan Rute

Sebelum mudik, sebaiknya Anda telah merencanakan rute yang akan Anda tempuh. Hal ini untuk mengukur waktu serta jarak yang akan Anda tempuh. Selain itu, sebaiknya Anda merencanakan juga berbagai jalur alternatif, mengingat volume kendaraan di jalur utama akan sangat tinggi sehingga akan menyebabkan terjadinya kemacetan serta meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: 5 Merek Motor Matic Yang Cocok Untuk Bersilaturahmi Saat Lebaran

Untuk menentukan rute perjalanan mudik, Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi peta online yang sudah tersedia, seperti Waze dan Google Maps. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi tersebut mampu menampilkan rute yang paling aman dan nyaman secara real time.

5. Jangan Tergesa-Gesa

Ketika melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda tidak terlalu tergesa-gesa, nikmati seluruh perjalanan mudik Anda dan jangan pernah memaksakan diri. Selain itu, jika Anda merasa lelah atau mengantuk, maka sebaiknya beristirahatlah. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas dan jangan pernah melanggar rambu-rambu tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp
d