Sering Lupa Ganti Oli Gardan? Hati-hati Ini Efek Yang Akan Terjadi

News picture Sering Lupa Ganti Oli Gardan? Hati-hati Ini Efek Yang Akan Terjadi
date_range 2023-06-12
schedule 18:02:21
Sering Lupa Ganti Oli Gardan? Hati-hati Ini Efek Yang Akan Terjadi

JBA Indonesia - Pelumas untuk kendaraan bermotor menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Apalagi untuk Anda pengguna motor matic, dua jenis pelumas ini harus wajib kalian gunakan, yaitu oli mesin dan oli gardan, atau sering disebut dengan oli transmisi.

Oli gardan sering dianggap tidak begitu penting digunakan pada motor. Padahal  oli ini memiliki fungsi penting untuk melindungi motor dari gesekan pada mesin. Ada beberapa efek yang dapat terjadi jika oli gardan tersebut tidak diganti, yaitu :

  • Pelumasan yang buruk

Oli gardan berfungsi untuk melumasi komponen-komponen dalam gardan, seperti gigi dan bantalan. Jika oli tidak diganti secara teratur, kemampuan pelumasannya akan menurun. Akibatnya, gesekan antar komponen akan meningkat, menyebabkan keausan yang lebih cepat.

  • Kerusakan pada komponen gardan

Tanpa pelumasan yang memadai, komponen gardan akan mengalami kerusakan lebih cepat. Gigi-gigi gardan dapat aus atau patah, bantalan dapat rusak, dan gigi-gigi sinkronisasi pada transmisi manual dapat menjadi aus atau sulit digunakan. Hal ini dapat menyebabkan performa kendaraan menurun dan bahkan kegagalan gardan secara keseluruhan.

  • Peningkatan suhu

Oli gardan juga berfungsi untuk menghilangkan panas yang dihasilkan oleh gesekan komponen gardan. Jika oli tidak diganti secara teratur, kemampuan pendinginan dapat terganggu, menyebabkan peningkatan suhu di dalam gardan. Peningkatan suhu yang berlebihan dapat merusak komponen-komponen gardan dan memengaruhi kinerja kendaraan.

  • Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi

Pelumasan yang buruk dalam gardan dapat menyebabkan peningkatan gesekan, yang pada akhirnya memengaruhi efisiensi bahan bakar. Ketika komponen gardan tidak berfungsi dengan baik, mesin kendaraan harus bekerja lebih keras, yang berarti konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Penting untuk mengikuti jadwal penggantian oli gardan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Biasanya, periode penggantian oli gardan berkisar antara 30.000 hingga 50.000 kilometer atau setiap dua tahun sekali, tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan. Dengan mengganti oli gardan secara teratur, Anda dapat memastikan pelumasan yang baik dan memperpanjang umur komponen gardan serta menjaga kinerja kendaraan Anda.

Nah, jadi jangan lupa lagi yaa untuk menganti oli gardan pada motor Anda. Untuk informasi mengenai tip seputar kendaraan, Anda dapat klik di sini yaa.  Apabila Anda ingin mendapatkan motor bekas yang terjamin kualitasnya, bisa Anda dapatkan melalui balai lelang JBA ya! Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat klik di sini atau dapat menghubungi customer services kami di 021 1500 369.

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp