Berkendara Motor Saat Hujan, Ini Tipsnya!

News picture Berkendara Motor Saat Hujan, Ini Tipsnya!
date_range 2022-01-19
schedule 17:20:58
Berkendara Motor Saat Hujan, Ini Tipsnya!

PT JBA Indonesia - Berkendara motor saat hujan membutuhkan konsentrasi ekstra. Selain itu juga keamanan harus lebih diperhatikan. Genangan air dan jarak pandang yang terbatas membuat para pengendara akan merasa lebih sulit. Jika lalai, berkendara motor saat musim hujan bisa berakibat fatal.

 

Oleh karena itu, JBA memberikan beberapa tips untuk Anda jika ingin berkendara disaat hujan.

 

  1. Menggunakan Jas Hujan Model Single

Menggunakan jas ujan merupakan hal paling utama. Namun, masih sedikit orang yang menggunakan jas hujan model single. Secara keamanan, jas hujan model single ini lebih aman dibanding model tandem. Jas hujan single lebih efektif dalam menghalau air hujan, sehingga berkendara akan lebih nyaman.

 

  1. Menggunakan Lampu Jarak Jauh

Saat hujan jarak pandang kita akan sangat terbatas, maka perlu pencahayaan tambahan dalam berkendara. Lampu jauh setidaknya mampu memaksimalkan jarak pandang saat berkendara motor.

 

  1. Hindari Rem Mendadak

Saat hujan otomatis jalanan akan basah dan licin. Ketika kita rem mendadak pada jalanan yang licin akan membuat ban tegelincir dan bisa berakibat fatal. Langkah yang paling tepat adalah dengan jaga jarak dan gunakan engine break untuk memperlambat laju.

 

  1. Hindari Genangan

Saat ada genangan air di jalan, sebisa mngkin kita harus menghindarinya. Sebab bisa jadi genangan tersebut adalah jalan berlubang. Jika memang harus melewatinya, kurangi kecepatan saat melaju. Biarkan motor kita melaju perlahan-lahan.

 

  1. Berhenti Jika Cuaca Memburuk

Keselamatan adalah hal yang utama. Saat cuaca dirasa semakin memburuk lebih baik berhenti sejenak mencari tempat berteduh yang tidak membahayakan.  Tunggu sampai hujan mereda untuk melanjutkan berkendara lagi.

 

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp
d