14 Perlengkapan Touring Motor yang Harus Dipersiapkan

News picture 14 Perlengkapan Touring Motor yang Harus Dipersiapkan
date_range 2023-12-18
schedule 17:01:04
14 Perlengkapan Touring Motor yang Harus Dipersiapkan

Menyusuri jalan raya dengan sejuknya angin dan pemandangan yang memukau adalah impian setiap pengendara motor pecinta touring. Namun, untuk menikmati pengalaman tersebut sepenuhnya, persiapan yang matang menjadi kunci utama. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 14 perlengkapan touring motor yang tidak boleh diabaikan. Mulai dari helm yang hingga peralatan darurat yang penting.

Touring motor memberikan kebebasan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, namun kesiapan adalah kuncinya. Melalui pemahaman mengenai perlengkapan touring, Anda tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan perjalanan, tetapi juga memastikan bahwa setiap petualangan motor Anda berjalan lancar. Mari kita telusuri daftar perlengkapan yang harus dipersiapkan agar perjalanan touring Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

14 Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Dibawa

Sebagai seorang pemilik motor touring, persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan jauh sangat penting untuk dilakukan. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah perlengkapan touring motor. Berikut adalah 14  perlengkapan touring motor yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan jauh:

1. Alas Kaki yang Nyaman

Alas kaki yang nyaman sangat penting untuk melindungi kaki Anda dari kelelahan saat berkendara dalam jarak yang jauh. Saat menjelajahi jalan-jalan yang berliku dan beragam kondisi permukaan, kenyamanan kaki menjadi faktor kritis untuk menjaga fokus dan keseimbangan selama perjalanan.

Pilih alas kaki yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan alas kaki tersebut nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Melalui alas kaki yang nyaman, Anda tidak hanya meningkatkan pengalaman berkendara, tetapi juga mengurangi risiko kelelahan yang dapat memengaruhi performa dan keselamatan selama perjalanan. 

2. Sarung Tangan

Sarung tangan menjadi salah satu perlengkapan touring motor yang memiliki peran krusial dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pengendara. Selain memberikan perlindungan terhadap cuaca ekstrem, sarung tangan juga berfungsi sebagai penghalang terhadap debu, kotoran, dan angin yang dapat mengganggu kenyamanan berkendara. 

Pilih sarung tangan yang nyaman dan terbuat dari bahan yang tahan lama. Selain itu, sarung tangan dirancang untuk memberikan grip yang baik, memastikan kendali optimal terhadap kendaraan. 

3. Jas Hujan

Jas hujan sangat penting untuk melindungi Anda dari hujan dan angin saat berkendara. Pilih jas hujan yang terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dibawa. Selain itu, jas hujan biasanya dilengkapi dengan fitur tahan air dan ventilasi untuk menjaga keseimbangan antara kenyamanan dan perlindungan. 

Dalam cuaca yang tidak menentu selama touring, jas hujan menjadi penyelamat yang memastikan perjalanan tetap menyenangkan tanpa harus khawatir terkena hujan yang tiba-tiba.

4. Power Bank dan Charger

Power bank dan charger adalah perlengkapan touring motor yang tak boleh diabaikan dalam era konektivitas digital. Power bank menjadi solusi portable yang praktis untuk mengisi daya ponsel, navigasi GPS, atau perangkat lainnya tanpa harus bergantung pada sumber listrik utama. Selain itu, membawa charger yang kompatibel dengan motor Anda dapat memberikan kepastian bahwa Anda dapat mengisi daya perangkat saat istirahat atau berhenti. 

5. Perlengkapan Perbaikan Darurat

Dalam perjalanan touring motor, tidak ada yang lebih menyulitkan daripada mengalami kerusakan atau masalah teknis di tengah perjalanan. Oleh karena itu, membawa perlengkapan perbaikan darurat seperti obeng, kunci pas, dan ban cadangan adalah suatu keharusan. 

Alat-alat sederhana ini dapat menjadi penyelamat ketika menghadapi situasi tak terduga, memungkinkan pengendara untuk melakukan perbaikan sementara dan melanjutkan perjalanan mereka tanpa harus mengandalkan bantuan eksternal. 

6. Botol Air dan Sistem Hidrasi

Botol air dan sistem hidrasi menjadi kunci penting dalam persiapan perjalanan touring motor. Menjelajahi jarak jauh di atas motor dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi, sehingga penting untuk selalu terhidrasi dengan baik. 

Membawa botol air yang mudah diakses dan sistem hidrasi yang dapat dihubungkan dengan helm membantu Anda minum tanpa harus menghentikan perjalanan. Perlengkapan ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga memastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi, yang sangat penting untuk menjaga fokus dan reaksi selama berkendara.

7. Helm yang Nyaman

Perlengkapan touring motor selanjutnya adalah helm yang nyaman. Helm yang nyaman adalah investasi yang tak ternilai bagi para pengendara touring motor. Selain sebagai penjaga keamanan utama, helm yang dirancang untuk kenyamanan maksimal dapat membuat perbedaan signifikan dalam pengalaman berkendara. 

Pilihlah helm dengan sistem ventilasi yang baik untuk menjaga kepala tetap sejuk, terutama saat melibas jalan panjang di bawah terik matahari. Padanan yang pas pada bentuk kepala dan strap yang mudah disesuaikan juga memainkan peran penting dalam kenyamanan helm.

8. Dokumen Penting

Dalam perjalanan touring motor, membawa dokumen penting adalah langkah cerdas untuk menghindari kendala dan masalah yang tidak diinginkan. Pastikan untuk selalu membawa dokumen seperti SIM, STNK, dan identifikasi diri. 

Dokumen ini tidak hanya diperlukan untuk keperluan legalitas, tetapi juga dapat menjadi kunci akses saat melewati batas negara atau wilayah tertentu. Menyimpan salinan dokumen dalam bentuk digital atau fisik yang aman dapat memberikan ketenangan pikiran tambahan. 

9. Kacamata Pelindung

Saat berkendara di jalan raya, terkena debu, serangga, atau bahkan sinar matahari langsung dapat menjadi tantangan serius bagi kenyamanan dan keselamatan pengendara. Mengenakan kacamata pelindung dapat melindungi mata dari elemen-elemen tersebut, menjaga visibilitas, dan mengurangi risiko iritasi mata. Selain itu, kacamata pelindung juga berperan sebagai perisai terhadap angin kencang, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. 

10. Sepatu yang Tahan Air

Pilihlah sepatu yang dirancang khusus untuk tahan air, sehingga kaki tetap kering dan nyaman meskipun terkena hujan atau genangan air di jalan. Kelembutan dan fleksibilitas sepatu juga menjadi faktor penting agar pengendara dapat dengan mudah mengoperasikan kendaraan dan berjalan tanpa kendala. 

11. Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman adalah kunci untuk menikmati setiap momen dalam perjalanan touring motor. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca, memperhitungkan suhu dan kelembapan di sepanjang rute perjalanan. 

Pakaian yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi lingkungan, seperti jaket yang tahan angin dan celana yang nyaman untuk dipakai dalam waktu lama, akan memberikan kenyamanan optimal selama perjalanan. Pastikan juga pakaian yang dipilih memberikan perlindungan terhadap sinar matahari dan memiliki ventilasi yang cukup untuk mencegah kelebihan panas. 

12. Tenda

Tenda sangat penting jika Anda ingin bermalam di tempat terbuka saat melakukan perjalanan jauh. Tenda memberikan fleksibilitas untuk memilih tempat beristirahat tanpa perlu mencari penginapan. Pilih tenda yang ringan dan mudah dipasang agar tidak menambah beban berlebih selama perjalanan. 

13. Sleeping Bag

Sleeping bag adalah salah satu perlengkapan esensial untuk pengendara motor yang merencanakan bermalam di alam terbuka selama perjalanan touring. Memilih sleeping bag yang ringan, mudah dibawa, dan memiliki tingkat isolasi yang baik adalah kunci untuk kenyamanan tidur di berbagai kondisi cuaca. Sleeping bag dapat memberikan perlindungan terhadap suhu rendah, memastikan tidur yang nyaman di malam hari

14. Peralatan Pertolongan Pertama

Peralatan pertolongan pertama adalah suatu keharusan dalam setiap perjalanan touring motor. Kecelakaan kecil atau kondisi kesehatan yang tidak terduga dapat terjadi, dan memiliki peralatan pertolongan pertama dapat membuat perbedaan signifikan. 

Siapkan kotak pertolongan pertama dengan perban, obat-obatan umum, plester luka, dan alat steril. Pastikan juga untuk menyertakan informasi kontak darurat dan panduan sederhana pertolongan pertama.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Merencanakan perjalanan dengan matang dan membawa perlengkapan touring motor yang sesuai dapat mengubah petualangan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Mulai dari helm yang nyaman hingga peralatan pertolongan pertama yang siap sedia, setiap elemen perlengkapan memiliki peran penting dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan pengendara. 

Namun, tak lupa bahwa keamanan dan kenyamanan selama perjalanan juga tergantung pada kondisi motor itu sendiri. Untuk menemukan motor yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, JBA Indonesia menyediakan lelang motor dengan berbagai pilihan model terbaik. Jadwal lelang motor JBA Indonesia dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi dunia touring motor dengan motor impian Anda. Kunjungi situs JBA Indonesia sekarang dan temukan penawaran menarik untuk perjalanan motor Anda selanjutnya!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp