BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Ternyata Ini Penyebab Piringan Rem Cakram Lebih Cepat Habis

News picture Ternyata Ini Penyebab Piringan Rem Cakram Lebih Cepat Habis

JBA - Salah satu komponen penting pada sebuah mobil adalah sistem pengeremannya. Pada mobil modern saat ini, sistem pengeremannya telah menggunakan rem cakram. Namun rem cakram ini selalu luput dari perhatian pemilik mobil sehingga minim perawatan.

Seperti komponen lainnya, rem cakram juga dapat mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh mobil manapun adalah piringan rem cakram yang habis sehingga menurunkan performa pada sistem pengereman tersebut.

Baca Juga: Transmisi CVT Honda Mobilio Anda Berdengung, Ini Masalahnya!

Meski begitu, jangka waktu piringan rem cakram untuk setiap mobil berbeda-beda. Ada yang relatif singkat karena kualitas rem cakram yang kurang bagus atau karena pemakaiannya.

“Yang terjadi biasanya karena mobil tersebut menggunakan kampas rem dengan kualitas jelek sehingga memakan piringan cakram,” terang Harry, kepala teknisi di bengkel mobil Auto Clinic, seperti dilansir laman Otodriver.com.

Menurut Harry, kualitas kampas rem perlu dijaga dengan baik agar performa pengereman menjadi lebih optimal.

“Kalau mau pakai kampas rem itu boleh saja, tidak ada yang melarang. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semuanya kampas rem aftermarket itu bagus kualitasnya,” terang Harry.

Harry merekomendasikan pemilik mobil agar jangan memilih kampas rem dengan bahan yang keras. Sebab akan membuat piringan cakram menjadi lebih cepat terkikis sehingga membuat piringan cakram cepat habis.

Jika hal ini dibiarkan, maka akan membuat pemilik mobil semakin cepat untuk mengganti piringan cakram tersebut.

Karena itu, gunakanlah kampas rem yang orisinal bawaan dari pabrikan mobil agar piringan cakram tidak habis dalam waktu cepat.

Baca Juga: Solusi Bagi Lampu Depan Xpander Yang Kurang Terang

“Baiknya sih menggunakan kampas rem yang orisinal. Sebab, kampas rem tersebut telah disesuaikan dengan jenis mobil, jangka waktu pemakaian kampas rem dan piringan cakram,” terangnya lagi.

Meski begitu, kampas rem aftermarket yang banyak beredar di pasaran dengan bahan yang tentunya lebih keras dibandingkan orisinalnya, juga memiliki efek yang sangat positif untuk sistem pengereman karena mampu menggigit lebih baik.

“Memang, pada umumnya kampas rem aftermarket itu bahannya lebih banyak terbuat dari serbuk kuningan sehingga membuat pengereman menjadi lebih baik. Tapi masalahnya adalah dapat membuat piringan cakram lebih cepat habis,” pungkas Harry lagi.