Motor Mudah Rusak, Jika 5 Komponen Ini Tidak Rutin Diganti

News picture Motor Mudah Rusak, Jika 5 Komponen Ini Tidak Rutin Diganti
date_range 2023-04-26
schedule 14:15:14
Motor Mudah Rusak, Jika 5 Komponen Ini Tidak Rutin Diganti

Motor mudah rusak jika kamu jarang melakukan perawatan terhadap motormu. Ada 5 komponen penting yang harus kamu perhatikan dan ganti secara rutin agar motor tetap kondisi prima. Berukut 5 komponen yang perlu diganti berkala

Memiliki motor berarti kamu sudah harus siap untuk segala konsekuensi yang ada. Karena  selain menjadi kaki untuk berpergian, kamu memiliki kewajiban untuk merawat motor yang kamu miliki.

Karena perawatan tersebut akan menunjang kinerja motor untuk tetap prima disaat digunakan tiap harinya. Ada beberapa komponen pada motor yang harus kamu perhatikan dan ganti secara rutin loh! Dan hal penting kamu harus ketahui, setiap komponen pada motor memiliki hubungan satu sama lain, baik langsung ataupun tidak langsung. Jadi, jangan hanya memperhatikan salah satu komponen saja ya!

Berikut adalah 5 komponen motor yang perlu diganti berkala.

  1. Oli Mesin

Hal umum yang diketahui oleh pemilik motor adalah penggantian oli pada motor. Oli mesin memiliki peran yang penting pada motor loh! Peran oli membantu melapisi bagian dalam mesin agar tahan lama di saat bergesekan.

Selain itu, kunci agar mesin motor tetap halus ada di oli mesin ini. Jadi, gantilah oli mesin ini secara berkala setiap sebulan atau dua bulan sekali, agar kualitas motormu tetap terjaga.

  1. Aki Motor

Sumber utama kelistrikan pada motor terdapat pada aki. Dan ada 2 macam aki yang biasa digunakan pada motor, yaitu aki basah dan kering. Apabila motormu menggunakan aki basah, kamu wajib memerikan rutin air aki motormu. Sedangkan jika kamu menggunakan aki kering,gantikah setiap 1,5 - 2 tahun ya secara rutin.

  1. Kampas Rem

Rem menjadi bagian vital pada motor yang harus kamu perhatikan. Komponen ini harus diganti apabila motormu sudah digunakan sampai jarak 20 ribu km. Atau jika kamu merasakan kampas rem sudah tipis atau sudah aus, cepat-cepat diganti untuk keselamatanmu ya!

       4.Busi

Busi rusak akan mempengaruhi kinerja mesin motor. Jadi, penting mengganti busi secara berkala ya! Busi ini penting diganti saat motor digunakan menempuh jarak 20 ribu km dan 50 ribu km. Jangan menunda menggantinya, agar kondisi motormu tetap nyaman ketika digunakan.

  1. Ban

Komponen terakhir yang harus diganti dengan rutin adalah ban. Apabila kondisi jalanan yang sering kamu lewati itu berbatu atau kurang baik, penting memeriksa rutin ban motormu. Umumnya kondisi ban harus diganti dari 1-2 tahun setelah pemakaian.

Jadi, jangan abaikan komponen- komponen motor di atas ya! Jika kamu sudah mengganti komponen di atas dengan rutin, namun mau menjual motormu kembali, titip jual di JBA saja. Karena kami menerima titip jual kendaraan baik mobil dan motor. Cek info lengkapnya di linktree kami yang ada di bio sosial media kami. Ataupun masuk ke website kami di www.jba.co.id

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp