Mau Ikut Lelang Tapi Masih Takut? Ini Dia Tips Mengetahui Lelang Ilegal

News picture Mau Ikut Lelang Tapi Masih Takut? Ini Dia Tips Mengetahui Lelang Ilegal
date_range 2022-08-16
schedule 13:51:39
Mau Ikut Lelang Tapi Masih Takut? Ini Dia Tips Mengetahui Lelang Ilegal
  1. Kenali Akun Sumber Informasi Lelang

Akun yang dimaksud adalah subyek yang memberikan tawaran atau informasi lelang, baik atas nama perorangan maupun perusahaan. Informasi atau tawaran lelang hanyalah sebuah bentuk atau bagian dari Pengumuman Lelang sehingga tidak ada jaminan seseorang akan memperoleh barang yang ditawarakan (menang lelang). Jadi jangan pernah percaya dengan tawaran manis yang diberikan oleh orang lain.

 

  1. Teliti Barang Yang Dilelang

Barang-barang yang sering ditawarkan oleh pelaku penipuan lelang biasanya berupa kendaraan dengan harga yang tidak wajar. Pelaku biasanya akan menawarkan barang dengan harga yang sangat jauh di bawah harga pasar. Untuk itu sebelum Anda melakukan transaksi sebaiknya Anda mengecek langsung kendaraan yang akan dibeli. Lalu Anda dapat langsung mengecek lokasi lelang tersebut.

 

  1. Jangan Tergiur Harga Murah

Banyak orang yang tergiur dengan penawaran lelang karena harganya yang murah. Inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku penipuan lelang untuk melancarkan aksinya. Kendaraan yang di lelang tidak selalu dengan harga murah , tapi sesuai dengan kondisi pasar yang ada. Berlakunya ilmu ekonomi, dimana permintaan meningkat maka harga akan naik. Justru kalau ada yang menawarkan barang lelang dengan harga sangat murah dan jauh dari harga pasar, sangat layak untuk dicurigai.

 

  1. Teliti Rekening Tujuan Sebelum Mentransfer Dana

Salah satu modus lelang yang mudah diidentifikasi adalah penggunaan rekening atas nama perorangan. Berdasarkan ketentuan, KPKNL diwajibkan menggunakan rekening atas nama perusahaan.

Modus yang banyak digunakan oleh pelaku penipuan adalah meminta korban untuk mengirimkan sejumlah dana sebagai tanda jadi/DP (Down Payment) lelang. Padahal dalam prosedur lelang yang benar, tidak ada yang disebut dengan tanda jadi/DP, yang ada adalah penyetoran uang jaminan. Uang jaminan itu disetorkan ke rekening penampungan atas nama perusahaan sebelum pelaksanaan lelang sebagai syarat untuk menjadi peserta lelang dan akan dikembalikan 100% kepada peserta lelang yang tidak memenangkan lelang tersebut.

 

  1. Menjanjikan Kemenangan Lelang

Biasanya para pelaku penipuan akan menjanjikan kepada calon korban, akan memenangkan kendaraan lelang yang mereka inginkan. Namun untuk hal ini sebaiknya Anda berhati-hati dan mencari tau terlebih dahulu mengenai prosedur lelang itu sendiri. Karna pada ketentuannya, peserta yang akan memenangkan lelang adalah peserta yang telah menawarkan kendaraan dengan harga tertinggi.

 

Nah, untuk itu sebaiknya bagi Anda yang ingin membeli kendaraan dengan cara lelang, Anda harus mencari tahu mengenai perusahaan lelang tersebut dan mencari tau terkait prosedur lelang. Anda juga dapat mengikuti lelang secara aman, dengan mengikuti lelang di JBA atau dapat membuka langsung website JBA di sini

News author picture

-

-

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp