5 Penyebab Utama Mobil Cepat Panas

News picture 5 Penyebab Utama Mobil Cepat Panas
date_range 2023-05-16
schedule 13:18:44
5 Penyebab Utama Mobil Cepat Panas

Salah satu permasalahan mobil yang dapat terjadi adalah overheat pada mobil, atau mobil cepat panas. Mobil cepat panas biasanya disebabkan karena fungsi mesin yang tidak optimal, dan membuat suhu dalam mobil akan menjadi panas dan AC tidak akan berfungsi.

Tetapi, jangan panik jika kamu mengalami hal tersebut. Pertama-tama, kamu dapat menepi terlebih dahulu lalu mematikan mesin mobil. Setelah itu, kamu perlu memahami penyebab dari komponen mesin kamu terasa panas, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: Dampak Ganti Oli Mobil Terlalu Sering yang Wajib Diketahui

Penyebab Utama Mobil Cepat Panas

1. Terjadinya Kebocoran Komponen Radiator

Penting untuk menggunakan cairan radiator yang sesuai dengan spesifikasi untuk mencegah kerusakan pada komponen radiator. Tentunya, menggunakan air mineral sebagai pengganti coolant dapat menyebabkan kerusakan pada selang radiator dan water pump. Hal ini disebabkan karena adanya endapan mineral yang dapat mengakibatkan karat dan kotoran di dalam sistem radiator.

2. Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Kipas pendingin radiator yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa menjadi penyebab radiator mobil cepat panas. Sehingga, pastikan bahwa kipas radiator terpasang dengan benar, dan jika ada masalah dengan kipas yang tidak berfungsi, segera gantilah dengan yang baru.

3. Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil juga dapat menyebabkan radiator cepat panas. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai untuk menjaga performa radiator tetap optimal.

Baca juga: Cara Menghitung Konsumsi BBM untuk Kendaraan Anda beserta Rumusnya

4. Oli yang Digunakan Berkualitas Rendah

Penggunaan oli yang tidak tepat juga dapat memengaruhi suhu radiator mobil. Penggunaan oli berkualitas rendah dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat, yang pada akhirnya menyebabkan radiator cepat panas. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

5. Thermostat Tidak Berfungsi

Ketika thermostat tidak berfungsi dengan baik, hal itu mengacaukan proses pengaturan suhu dalam mobil. Thermostat, sebagaimana diketahui, berperan penting sebagai pengendali suhu dalam melakukan koordinasi dengan radiator. Thermostat dapat diibaratkan sebagai kendali utama dalam sistem radiator mobil. Ketika suhu mesin rendah, thermostat bertugas untuk menjaga agar air tetap berada di dalam radiator.

Namun, ketika suhu meningkat, thermostat akan membuka jalur untuk memungkinkan air mengalir ke mesin. Apabila thermostat mengalami gangguan, maka proses pengaturan aliran air dari radiator ke mesin tidak dapat dilakukan secara efektif. Akibatnya, mesin mobil akan mengalami peningkatan suhu dengan cepat.

Selanjutnya kamu bisa langsung periksakan ke bengkel terdekat untuk mengidentifikasi penyebabnya dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Apabila Anda ingin mengganti mobil Anda dengan mobil bekas berkualitas, Anda bisa mengikuti lelang mobil di JBA Indonesia. Sudah dipastikan semua kendaraan bekas yang dilelangkan sudah melalui inspeksi yang ketat, sehingga mampu berfungsi dengan baik. Namun, jika Anda memiliki kendaraan dengan keadaan baik dan ingin menjualnya, Anda bisa melakukan titip jual di JBA Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp