Hati-Hati! Ini Dampak Buruk Memakai Bahan Bakar Tidak Sesuai Oktan

News picture Hati-Hati! Ini Dampak Buruk Memakai Bahan Bakar Tidak Sesuai Oktan
date_range 2023-05-05
schedule 17:04:32
Hati-Hati! Ini Dampak Buruk Memakai Bahan Bakar Tidak Sesuai Oktan

JBA Indonesia - Apa itu oktan? Banyak orang yang bingung mengenai oktan. Oktan dalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan, menurut halaman Auto 2000. Dan, bahan bakar yang dijual di Indonesia memiliki nilai oktan yang berbeda-beda loh. Hal ini disebabkan oleh perbedaan spesifikasi bahan bakar dan mesin yang dimiliki setiap mobil.

Faktanya, pabrikan atau produsen mobil sudah memberikan rekomendasi bahan bakar untuk menyesuaikan kebutuhan mesin mobil yang dihasilkan. Jika Anda rutin memaksa menggunakan bahan bakar dengan kualitas rendah pada kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, maka dipastikan ini 4 dampak yang bisa timbul pada mobil Anda:

  1. Mempercepat Umur Busi

Pemakaian bahan bakar yang lebih rendah oktannya pasti membuat pembakaran kurang sempurna. Akibatnya yang muncul adalah terdapat gejala atau residu yang mampu memperpendek umur busi. Misalnya, jika biasanya usia pakai busi adalah sekitar 40.000 kilometer, akibat pemakaian bensin beroktan rendah, maka usia pakai bisa hanya tinggal setengahnya akibat overheat.

  1. Timbulnya kerak pada ruang bakar

Pemakaian bahan bakar beroktan lebih rendah juga akan menyebabkan ruang bakar kotor dan penuh kerak. Tumpukan endapan karbon akan membuat performa mesin terus menurun seiring waktu. Lama-kelamaan, mesin akan mengalami kerusakan terutama di bagian piston, stang piston hingga klep.

  1. Kerusakan pada ECU

Akibat pemakaian bahan bakar beroktan lebih rendah selanjutnya ialah kerusakan Engine Control Unit (ECU) yang merupakan jantung di dalam mobil. Apabila terganggu, maka mobil bisa tidak bekerja atau mesin mendadak mati. Tanda kerusakan pada ECU, ditandai dengan menyalanya Engine Check. Kendaraan tidak mau digas dan mati. Ada juga yang cuma bisa dibawa beberapa kilometer saja, setelah itu mati. Andai bisa dihidupkan, maka akan mati lagi. Solusinya tentu harus dibawa ke bengkel untuk perbaikan dan tidak memakai bensin rendah oktan lagi.

Dari infomasi diatas penting bagi Anda untuk teliti terhadap penggunaan bahan bakar karena apabila dilakukan dalam jangka panjang, kerusakan dini akan terjadi pada mobil Anda. Bagi Anda yang ingin mencari mobil bekas berbagai macam model, dapatkan melalui lelang JBA! Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat klik disini atau dapat menghubungi customer services kami di 021 1500 369.

 

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp