6 Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor yang Wajib Diketahui

News picture 6 Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor yang Wajib Diketahui
date_range 2024-03-18
schedule 09:21:28
6 Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor yang Wajib Diketahui

Faktur kendaraan bermotor sering kali dianggap sebagai bagian administratif belaka dalam proses pembelian mobil. Namun penting untuk diingat bahwa fungsi faktur kendaraan bukan hanya sekadar formalitas tanpa makna; sebaliknya, dokumen satu ini memainkan peran kunci dalam transaksi pembelian kendaraan. 

Tanpanya, pembelian mobil yang Anda lakukan bisa disebut sebagai ilegal. Bukankah sangat menyeramkan kehilangan dokumen tersebut? Jika berencana melakukan pembelian kendaraan, pastikan Anda sudah memahami fungsi-fungsinya sekaligus betapa pentingnya memiliki faktur kendaraan. 

Kalau begitu mari mulai belajar apa itu faktur kendaraan dan betapa pentingnya dokumen tersebut di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Mobil Lelang

Apa Itu Faktur Kendaraan?

Faktur kendaraan adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh penjual resmi kendaraan bermotor kepada pembeli setelah proses pembelian selesai. Sebagai dokumen legal, faktur kendaraan memiliki peran penting dalam membuktikan kepemilikan sah atas suatu kendaraan. Isi informasi dalam faktur kendaraan mencakup rincian lengkap tentang transaksi pembelian, termasuk data penjual, pembeli, spesifikasi kendaraan, dan detail harga.

Pertama-tama, faktur kendaraan mencantumkan informasi pribadi penjual dan pembeli, seperti nama, alamat, dan nomor kontak. Informasi tersebut sangat penting sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam transaksi. 

Selanjutnya, dokumen ini merinci spesifikasi kendaraan, seperti merek, model, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan (NIV), warna, dan tipe bahan bakar. Informasi ini memberikan gambaran lengkap tentang karakteristik fisik kendaraan yang dibeli.

Selain itu faktur kendaraan juga mencakup informasi keuangan yang sangat penting. Harga pembelian kendaraan tertera dengan jelas, termasuk pembayaran muka (jika ada) dan total pembayaran. 

Keberadaannya menjadi dasar perhitungan pajak dan memberikan transparansi keuangan kepada pembeli. Seluruh proses transaksi terungkap secara terinci dalam faktur kendaraan untuk menciptakan jejak resmi yang dapat diacu oleh kedua belah pihak untuk menghindari sengketa pada masa depan.

Berbagai Fungsi Faktur Kendaraan

Fungsi faktur kendaraan perlu dipahami agar Anda mengetahui mengapa menyimpan dokumen satu ini dengan baik sangatlah penting dilakukan. Bukan sekadar kertas bukti pembelian mobil saja, fungsinya jauh lebih banyak daripada yang bisa Anda bayangkan. Langsung baca penjelasannya di bawah ini!

Faktur kendaraan menjadi salah satu bukti legal kepemilikan kendaraan. Dokumen ini memberikan keabsahan hukum terkait kepemilikan yang dapat diacu oleh pemilik kendaraan dan instansi terkait. Tanpa faktur kendaraan yang sah maka risiko sengketa kepemilikan dapat muncul yang berpotensi merugikan pemilik kendaraan.

2. Rujukan Spesifikasi Kendaraan

Faktur kendaraan memberikan rincian spesifik tentang kendaraan yang dibeli. Mulai dari merek, model, hingga nomor identifikasi kendaraan (NIV), semua informasi tersebut menjadi rujukan yang sangat penting. Hal ini membantu pembeli memastikan bahwa kendaraan yang diterima sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual alias tidak ditipu.

3. Catatan Harga Pembelian

Informasi harga pembelian kendaraan juga tertera secara jelas di faktur. Fungsi ini membantu dalam perhitungan pajak, transparansi keuangan, dan sebagai acuan ketika terdapat keperluan perubahan harga atau negosiasi. Pemilik kendaraan juga dapat menggunakan faktur sebagai catatan pembayaran yang sah.

4. Persyaratan Garansi

Faktur kendaraan umumnya juga mencakup informasi mengenai garansi yang diberikan oleh produsen atau dealer. Hal ini membantu pembeli memahami persyaratan garansi, hak-hak mereka terkait perbaikan atau pemeliharaan kendaraan, sekaligus batas waktu garansi yang berlaku.

5. Kewajiban Pajak Kendaraan

Informasi pajak kendaraan juga dapat ditemukan dalam faktur kendaraan. Fungsi ini memastikan pemilik kendaraan untuk memahami jumlah biaya kewajiban pajak yang harus dibayar tepat waktu. Kesalahan dalam pembayaran pajak kendaraan dapat mengakibatkan sanksi hukum dan denda.

6. Perlindungan Asuransi

Beberapa faktur kendaraan mencantumkan informasi mengenai asuransi kendaraan yang berlaku pada saat pembelian. Fungsi ini memberikan pemahaman kepada pembeli tentang perlindungan asuransi yang dimiliki, termasuk detail perusahaan asuransi, tanggal berlaku, dan informasi kontak yang relevan.

Bagaimana Proses Penerbitan Faktur Kendaraan?

Faktur kendaraan dapat dikatakan sah apabila dikeluarkan oleh yang berwenang. Pihak berwenang yang dimaksudkan di sini ialah pihak penjual mobil, seperti dealer atau agen penjual resmi lainnya yang dapat dipercaya. Proses penerbitannya kira-kira akan sebagai berikut. 

1. Penyelesaian Transaksi Pembelian

Proses penerbitan faktur kendaraan dimulai setelah penyelesaian transaksi pembelian kendaraan. Pada tahap ini, pembeli maupun penjual sepakat tentang harga, persyaratan pembayaran, dan kondisi pembelian lainnya. Setelah kesepakatan dicapai, penjual akan mempersiapkan faktur kendaraan untuk dicetak.

2. Pemeriksaan dan Persetujuan Dokumen

Sebelum faktur kendaraan dicetak, pihak yang terlibat dalam transaksi, baik penjual maupun pembeli, harus memeriksa dengan cermat setiap rincian yang tercantum di dalamnya. Pemeriksaan ini melibatkan pengecekan kesesuaian informasi, termasuk data pribadi, spesifikasi kendaraan, dan harga. Setelah pemeriksaan selesai, kedua belah pihak harus memberikan persetujuan untuk melanjutkan proses.

3. Tanda Tangan Penjual dan Pembeli

Faktur kendaraan harus ditandatangani oleh penjual dan pembeli sebagai tanda persetujuan resmi. Tanda tangan ini menunjukkan bahwa keduanya telah memeriksa dan menyetujui seluruh informasi yang tercantum di dalam faktur. Kehadiran tanda tangan dari kedua belah pihak juga memberikan keabsahan hukum pada dokumen tersebut.

4. Pencetakan dan Penomoran Faktur

Setelah mendapatkan persetujuan, faktur kendaraan dicetak dalam bentuk yang sesuai dengan standar yang berlaku. Dokumen ini kemudian diberi nomor unik sebagai identifikasi resmi. Nomor ini berguna untuk pelacakan dan referensi pada masa depan.

5. Pengarsipan dan Penyimpanan Dokumen

Setelah pencetakan selesai, faktur kendaraan yang telah ditandatangani disimpan dengan aman. Pengarsipan ini penting untuk memastikan bahwa dokumen tersebut dapat diakses kapan pun dibutuhkan, seperti pada saat penjualan kembali kendaraan atau keperluan administratif lainnya.

Baca juga: Ingin Transaksi? Cari Tahu Dokumen-Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

Jadi itu dia berbagai fungsi faktur kendaraan yang perlu Anda pahami dengan baik. Kini Anda paham betapa krusialnya peran dokumen ini dalam setiap transaksi pembelian kendaraan, bukan? Faktur kendaraan bukanlah semata selembar kertas berisi angka dan kata-kata, melainkan sebuah peta detail yang memandu Anda ketika akan membeli sebuah kendaraan. 

Oleh karena itu pada saat Anda akan terlibat dalam transaksi pembelian mobil, entah melalui perantara sales atau melalui lelang mobil seperti yang diadakan oleh JBA Indonesia, perhatikanlah faktur kendaraan dengan sebaik-baiknya.

Ingatlah bahwa faktur kendaraan tidak hanya relevan saat pembelian awal, tetapi juga ketika Anda memutuskan untuk menjual kembali kendaraan atau berpartisipasi dalam lelang. Adalah suatu kebijaksanaan untuk selalu menjaga dan menyimpan faktur kendaraan Anda dengan baik.

Sebagai penawaran tambahan, kami ingin mengajak Anda untuk menjelajahi peluang menarik di JBA Indonesia. Melalui koleksi kendaraan berkualitas yang seringkali ditawarkan dalam lelang, Anda dapat menemukan mobil impian dengan harga yang sangat kompetitif. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki kendaraan yang berkualitas dengan memanfaatkan penawaran menarik di JBA Indonesia. Daftarkan diri Anda sekarang untuk bisa ikut lelang mobil di JBA Indonesia!

Selain mengikuti lelang, Anda juga bisa menitipkan unit kendaraan yang ingin dijual dalam lelang JBA Indonesia. Tentunya Anda perlu mendaftar agar kendaraan dapat dititipkan untuk dilelang. Jangan khawatir karena prosesnya tidak sulit, Anda bisa langsung mengunjungi JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp