Cara Mudah Merawat V-belt Motor Matik

News picture Cara Mudah Merawat V-belt Motor Matik
date_range 2021-09-29
schedule 14:10:02
Cara Mudah Merawat V-belt Motor Matik

PT JBA Indonesia - Motor matik memang menjadi pilihan ideal sebagai kendaraan dalam beraktivitas. Khususnya di kota lebih padat, mengendarai motor matik membuat pengendara lebih nyaman dan menghemat energi dibandingkan dengan mengendarai motor manual.

 

Perawatan pada motor matik juga terbilang mudah. Yang terpenting adalah selalu melakukan pengecekan berkala. Ada satu komponen penting yang harus jadi perhatian Anda ketika mempunyai motor matik, yaitu V-belt.

 

 V-belt merupakan alat yang menghubungkan mesin dan roda, bagian ini merupakan bagian yang sangat rentan dari komponen lainnya. Oleh karena itu, perawatan V-belt ini memang harus menjadi perhatian tersendiri.

 

Berikut cara mudah perawatan V-belt pada motor matik Anda :

 

  1. Rutin mengecek V-belt

Pengecekan rutin pada v-belt membuat Anda tau dengan kondisi V-belt pada motor Anda seperti apa. Disarankan untuk pengecekan dilakukan setiap 8.000 KM sekali.

 

  1. Memberi Pelumas

Pelumas pada V-belt berfungsi agar V-belt tidak mudah putus dan membuat lebih tahan lama. Pemberian pelumas juga bisa digunakan setiap pergantian oli secara rutin. Cairan tersebut dilumasi di bagian pinggir v-belt, bukan yang bergerigi.

 

  1. Hindari Melakukan Gas Secara Agresif

Saat kita sedang berkandara dengan pelan, lalu tiba kia melakukan gas sehingga motor melaju cepat secara mendadak dapat memendekan umur V-belt.  Hal ini disebabkan karena V-belt secara terus menerus tertarik dengan mendadak.

 

Nah, sudah tau bukan cara merawat V-belt motor matik Anda. Pastikan ini menjadi kebiasaan Anda sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman menggunakan motor matik.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Chat us