7 Ciri Kampas Kopling Motor Habis

News picture 7 Ciri Kampas Kopling Motor Habis
date_range 2023-02-14
schedule 16:19:42
7 Ciri Kampas Kopling Motor Habis

JBA Indonesia - Dalam  menjaga sepeda motor  memiliki performa yang prima, ada  beberapa komponen yang perlu dimiliki. Salah satu komponen yang dibutuhkan oleh sepeda motor untuk menjaga kualitas performanya yaitu kampas kopling.

Kampas kopling memiliki tugas untuk memutus dan mengalirkan tenaga mesin dari poros engkol menuju transmisi. Komponen yang satu ini juga memiliki kemiripan dengan beberapa part lain dari segi ketahanan maupun usia pakai.

Disarankan untuk Anda dapat mengecek kampas kopling setiap pemakaian 12.000 km ataupun 12 bulan. Hal ini bertujuan agar mengetahui bagaimana kondisi kampas, apakah masih dapat digunakan ataupun tidak.

Kampas kopling  memberikan beberapa tanda jika sudah akan habis  Hal ini dapat dirasakan oleh pengguna kendaraan juga loh! Berikut ciri-ciri saat kopling motor habis.

Baca juga: Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dan Tahan Lama

7 Ciri Kampas Kopling Motor Habis

1. Akselerasi Mesin Menurun

Ketika kampas kopling aus, performa yang diberikan tentunya juga tidak akan semaksimal ketika masih baru. Kondisi ini mengakibatkan kinerja mesin menjadi kurang responsif di setiap posisi gearnya, karena mesin dipaksa untuk berputar lebih tinggi saat kondisi normal. Akibatnya, motor akan mengalami kesulitan untuk mencapai kondisi maksimum.

2. Kopling Selip

Ciri-ciri kedua yang dapat dirasakan saat kampas kopling aus adalah sulitnya memindahkan gigi menuju posisi netral. Tak hanya itu, gejala lain yang dapat dirasakan adalah mengalami selip saat pemindahan gear. Kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya kualitas cengkraman kampas terhadap flat gesek.

3. Mesin Mudah Panas

Saat berkurangnya kualitas cengkraman kampas terhadap flat gesek menyebabkan kedua komponen ini sering bergesekan dan menyebabkan mesin akan cepat panas. Tidak hanya itu, faktor lain yang menyebabkan overheat adalah mesin yang bekerja pada RPM tinggi.

4. Mesin Menjadi Kasar saat Kecepatan Tinggi

Saat melakukan akselerasi tinggi, mesin akan terasa kasar. Hal tersebut disebabkan karena kampas kopling sudah habis dan hanya menyisakan plat. Jika kampas tidak diganti dengan segera, maka komponen lainnya akan berpotensi rusak. Umumnya komponen lain yang rusak adalah fly wheel, karena komponen tersebut bergesekan secara langsung dengan plat kampas kopling.

5. Sulitnya Memindahkan Gigi

Ketika kampas kopling habis, maka proses perpindahan gigi akan lebih sulit. Hal tersebut disebabkan karena kampas kopling tidak mampu memutuskan hubungan antar-transmisi dengan benar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memainkan gas saat mengganti gigi, atau mengganti kampas kopling.

6. Munculnya Bau Terbakar

Apabila kampas kopling terbuat dari asbes, maka saat kampas kopling sudah habis akan menghasilkan bau terbakar. Apabila Anda mencium bau terbakar dari motor, segera cek kondisi kampas kopling dan ganti dengan yang baru.

7. Adanya Bunyi Berdecit Ketika Kopling Dilepas atau Ditekan

Kampas kopling yang aus akan menimbulkan bunyi berdecit ketika pedal kopling dilepas atau ditekan. Hal ini dikarenakan adanya gesekan kampas kopling yang tidak normal. Solusinya, Anda dapat mengganti plat gesek kopling yang rusak atau aus.

Baca juga: Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Cukup mudah bukan untuk mengetahui motor Anda jika telah kehabisan kampas kopling?  Untuk itu, jika Anda berniat untuk membeli motor bekas dengan kualitas yang cukup bagus, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu kampas kopling pada motor bekas tersebut.

Jika Anda kebingungan untuk membeli motor bekas, Anda dapat membelinya di balai lelang JBA Indonesia. Dengan mengikuti proses lelang motor JBA Indonesia, Anda dapat memilih beragam jenis kendaraan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu Anda bisa klik di sini untuk informasi seputar lelang di JBA atau bisa menghubungi CS JBA di 021 1500 369.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ikuti proses lelang kendaraan di JBA Indonesia!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp