5 Tips Membeli Mobil Matic Bekas

News picture 5 Tips Membeli Mobil Matic Bekas
date_range 2019-07-01
schedule 17:01:27
5 Tips Membeli Mobil Matic Bekas

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil matik bekas semakin banyak dicari, terutama di kota-kota besar yang sering dilanda kemacetan. Dengan hanya mengandalkan dua pedal, membuat mobil ini dianggap cocok digunakan di wilayah yang seringkali terjadi kemacetan, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Namun, untuk mendapatkan mobil matik bekas dengan kondisi prima, tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa kiat khusus agar Anda dapat menemukan mobil matik bekas dalam kondisi prima.

Baca juga: Ingin Transaksi? Cari Tahu Dokumen-Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

Tips Membeli Mobil Matic Bekas

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda cek untuk mendapatkan mobil matik bekas dengan kondisi prima, antara lain yaitu:

1. Periksa Kondisi Oli

Saat hendak memilih mobil matic bekas, langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi oli matic. Kualitas oli matic dapat dilihat dari warnanya. Jika oli masih berwarna merah kecokelatan dan transparan, ini menandakan bahwa oli tersebut masih dalam kondisi baik dan layak digunakan.

Namun, sebaliknya, jika warna oli sudah berubah menjadi hitam pekat, terutama jika tercium bau gosong, ini menunjukkan bahwa oli sudah lama tidak diganti. Atau jika oli baru saja diganti namun kendaraan belum digunakan lama, hal ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada komponen dalam sistem transmisi.

2. Inspeksi Bodi Transmisi Matic

Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi bodi transmisi matic untuk mengetahui adanya kebocoran oli. Perhatikan apakah terdapat tanda-tanda tetesan oli atau debu yang menempel pada bodi transmisi.

Jika ditemukan adanya rembesan oli pada bodi transmisi matic, ini menandakan adanya kebocoran yang perlu diperhatikan. Perbaikan kebocoran tersebut dapat memerlukan biaya yang cukup besar.

3. Perhatikan Lampu Indikator

Mobil matic dilengkapi dengan berbagai lampu indikator pada panel instrumen yang memberikan informasi tentang kondisi mobil. Pastikan untuk memeriksa lampu indikator saat menyalakan mobil dan menggeser tuas transmisi matic ke berbagai posisi seperti D (Drive), R (Reverse), P (Park), dan N (Neutral). Hal tersebut akan membantu Anda mengetahui apakah mobil matic yang Anda pilih dalam kondisi normal atau terdapat gangguan pada sistemnya.

Baca juga: Cara Memenangkan Lelang Mobil

4. Pemeriksaan Mesin

Langkah berikutnya yang penting adalah memeriksa kondisi mesin. Pastikan mesin berada dalam kondisi yang prima tanpa ada masalah yang mencolok. Hidupkan mesin mobil, posisikan tuas transmisi pada N (Netral), dan perhatikan suara mesin yang dihasilkan.

Suara mesin yang normal akan terdengar halus dan stabil. Namun, jika terdengar suara kasar, tidak stabil, atau adanya bunyi yang mencurigakan, bisa jadi terdapat masalah pada mesin mobil tersebut.

5. Uji Coba Berkendara

Setelah memeriksa semua aspek di atas, langkah terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan uji coba berkendara. Selain untuk menguji kenyamanan berkendara, hal utama yang harus diperhatikan saat uji coba adalah pengujian transmisi.

Perhatikan apakah perpindahan transmisi berjalan dengan lancar. Saat Anda menggeser tuas transmisi, pastikan transisi berjalan mulus dan tanpa hambatan, sambil memperhatikan indikator transmisi pada speedometer. Pastikan bahwa indikator tersebut sesuai dengan posisi tuas transmisi yang Anda pindahkan.

Selain itu, perhatikan juga getaran kendaraan saat berkendara, apakah dalam batas normal atau terlalu berlebihan. Jika Anda merasa ada hal yang tidak biasa, keraguan, atau bahkan kegagalan, disarankan untuk memilih mobil lain agar tidak menyesal di kemudian hari.

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Jika Anda tengah mencari mobil bekas sebagai solusi transportasi, JBA Indonesia menawarkan alternatif menarik melalui penyelenggaraan lelang mobil bekas yang rutin diselenggarakan. Di dalam platform lelang ini, Anda dapat menemukan beragam pilihan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Lebih dari itu, apabila Anda ingin menjual kendaraan bekas Anda, Anda juga dapat menitipkan kendaraan melalui sistem lelang yang disediakan oleh JBA Indonesia.

Yuk, kunjungi JBA Indonesia sekarang!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp