BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Cek 5 Komponen Ini Sebelum Membeli Mobil Matik Bekas

News picture Cek 5 Komponen Ini Sebelum Membeli Mobil Matik Bekas

JBA - Dalam beberapa tahun terakhir, mobil matik bekas semakin banyak dicari, terutama di kota-kota besar yang sering dilanda kemacetan. Dengan hanya mengandalkan dua pedal, membuat mobil ini dianggap cocok digunakan di wilayah yang seringkali terjadi kemacetan, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Namun, untuk mendapatkan mobil matik bekas dengan kondisi prima, tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa kiat khusus agar Anda dapat menemukan mobil matik bekas dalam kondisi prima. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda cek untuk mendapatkan mobil matik bekas dengan kondisi prima, antara lain yaitu:

Baca Juga: Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

1. Mengecek Kondisi Oli Matic

Saat Anda telah menemukan mobil matik yang Anda inginkan, maka langkah pertama adalah mengecek kondisi oli matik dengan menyalakan mobil dan memposisikan tuas transmisi di posisi N (netral). Jika kondisi oli matik berwarna merah segar dan tidak berkeruh atau menghitam, maka dapat dipastikan jika kondisi oli matik sangat baik. Sebaliknya jika kondisi oli berwarna hitam, maka dapat diindikasikan jika oli matik mobil tersebut telah lama tidak diganti atau terindikasi masalah pada bagian transmisi.

2. Mengecek Body Transmisi dari Kebocoran

Langkah selanjutnya adalah mengecek unit transmisi pada mobil matik tersebut. Lihat apakah terdapat oli atau debu yang telah tercampur dengan oli pada unitnya. Jika rembesan oli tersebut muncul dari celah blok, maka sebaiknya Anda tidak memilih mobil tersebut.

3. Terjadi Sentakan Ketika Mengoper Gigi

Rasakan perpindahan gigi pada berbagai posisi di transmisi matic, seperti P-N-D-R dan lakukan sebaliknya. Jika terasa halus, maka sistem transmisi matik tersebut normal alias tidak ada kerusakan. Namun, jika Anda merasakan hentakan saat memindahkan gigi saat berkendara, maka hal ini merupakan salah satu gejala yang menunjukkan jika sistem transmisi mengalami masalah pada beberapa komponen, seperti kerusakan pada sensor speed TCM, solenoid pressure, atau terjadi pengerasan pada piston.

4. Sulit Menanjak

Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Untuk mengetahui apakah mobil dalam kondisi prima atau tidak, maka lakukan pengetesan di tanjakan dengan memposisikan gigi di L atau D1 yang merupakan rasio gigi terbesar pada transmisi matik. Kemudian perhatikan respons mobil saat dalam kondisi tersebut. Jika terasa berat, susah menanjak, bahkan terasa selip, maka sebaiknya Anda tidak memilih kendaraan tersebut.

5. Tidak Responsif

Jika Anda mengendarai mobil matik namun terdapat suara raungan ketika Anda menginjak pedal gas, namun mobil tidak berjalan seperti biasa atau normal, maka kemungkinan drive plate atau plat kopling telah menipis sehingga membuat kinerja body valve melemah. Sebaiknya Anda memilih kendaraan lain jika hal ini terjadi.