6 Cara Mengatasi Rantai Motor Berbunyi Ala JBA Indonesia

News picture 6 Cara Mengatasi Rantai Motor Berbunyi Ala JBA Indonesia
date_range 2023-05-03
schedule 14:09:05
6 Cara Mengatasi Rantai Motor Berbunyi Ala JBA Indonesia

JBA Indonesia - Rantai motor yang berbunyi dapat menjadi tanda bahwa ada masalah dengan rantai motor tersebut. Untuk itu, jika anda mendengar bunyi pada rantai motor, sebaiknya Anda dapat langsung mengecek rantai motor tersebut. Namun, sebelum mengetahui langkah mengatasi rantai motor yang berbunyi atau berisik, Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Ketahui 3 Penyebab Rantai Motor Bunyi

Berikut adalah beberapa penyebab rantai motor berisik:

1. Rantai Motor Aus

Penyebab pertama dari kebisingan pada rantai motor adalah ausnya rantai motor. Penggunaan motor yang intensif, terutama dalam perjalanan jarak jauh dan di jalanan yang buruk, dapat menyebabkan ausnya rantai dan gear. Meskipun pelumas khusus telah diberikan pada rantai, namun jika masalahnya terletak pada tingkat keausan, suara bising dari rantai akan terus terdengar. Sehingga, rantai tersebut sudah tidak lagi sesuai untuk digunakan.

Untuk mengetahui apakah keausan rantai motor menjadi penyebab utama dari suara berisik, Anda dapat memeriksa bagian ujung mata gigi gear. Jika sudah tidak rata, hal ini menandakan perlunya penggantian.

2. Rantai Motor yang Kendur

Rantai perlu disetel agar tidak terlalu kendur atau terlalu kencang, di mana penyetelan ini sebaiknya dilakukan selama servis rutin. Kendurnya rantai dapat disebabkan oleh dua faktor, yakni penyetelan yang tidak tepat dan kurangnya perawatan.

Material logam pada rantai akan mengendur akibat adanya gaya tarik. Hal ini membuat rantai akan menjadi lebih panjang seiring berjalannya waktu. Suara akan muncul secara otomatis pada rantai yang kendur. Perlu diketahui bahwa kendurnya rantai motor adalah hal yang wajar jika motor digunakan secara berkala.

3. Rantai Motor Kotor

Penyebab lain dari kebisingan pada rantai motor adalah adanya kotoran seperti lumpur atau debu. Pada saat musim hujan, kotoran pada bagian rantai akan lebih banyak. Kotoran yang menempel tersebut akan mengganggu gerakan rantai dan gear, yang tentunya menimbulkan suara berisik.

Setelah Anda mengetahui penyebab rantai motor berbunyi atau berisik, di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk mengatasi rantai motor berbunyi.

Cara Mengatasi Rantai Motor Berbunyi

1. Bersihkan dan Lumasi Rantai Motor

Rantai motor yang kotor dan kering dapat membuat suara berisik saat berputar. Bersihkan rantai dengan kain yang lembut dan lap kering sebelum mengoleskan pelumas rantai motor pada setiap bagian rantai. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen motor.

2. Sesuaikan Ketegangan Rantai Motor

Ketegangan rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur dapat menyebabkan suara yang berisik. Periksa manual penggunaan motor untuk mengetahui bagaimana mengatur ketegangan rantai dengan benar.

3. Periksa Gigi Rantai

Jika gigi rantai aus atau rusak, suara berisik dapat terjadi. Periksa gigi rantai dan ganti jika diperlukan.

4. Periksa Tensioner Rantai

Tensioner rantai adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menjaga ketegangan rantai yang tepat. Jika tensioner rusak, suara berisik dapat terjadi. Periksa tensioner dan ganti jika diperlukan.

5. Bawa Motor ke Bengkel

Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan suara berisik pada rantai motor, atau jika Anda tidak dapat menemukan solusi yang tepat, sebaiknya bawa motor ke bengkel yang tepercaya dan berpengalaman untuk diperiksa dan diperbaiki.

6. Gunakan Chain Lube

Pelumas bukanlah satu-satunya produk untuk merawat rantai; Anda juga dapat menggunakan produk khusus rantai yang disebut chain lube. Fungsi chain lube adalah untuk mengurangi kebisingan akibat gesekan rantai dan menghindari keausan atau penumpukan debu.

Selain itu, produk ini juga memiliki kemampuan untuk melindungi gear dari korosi. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkannya secara merata sambil memutar rantai dengan menghidupkan mesin dan memasukkan gigi satu.

Baca juga: Cara Melewati Polisi Tidur Dengan Motor Matic

Setelah Anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi rantai motor berbunyi, tentunya Anda akan lebih siap jika ingin berkendara jarak jauh. Jangan biarkan suara berisik pada rantai motor terus berlangsung karena dapat berdampak pada performa dan kinerja motor, serta dapat mempercepat keausan rantai motor.

Jika Anda membutuhkan mobil bekas dengan harga terjangkau, silakan cek jadwal lelang motor di JBA Indonesia. Dengan mengikuti lelang di JBA Indonesia, Anda dapat memilih motor bekas berkualitas sesuai kebutuhan dan anggaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa menitipkan kendaraan jika Anda ingin menjual kendaraan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera ikuti proses lelang di JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp