Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Bekas Yang Mogok Di jalan

News picture Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Bekas Yang Mogok Di jalan
date_range 2022-12-20
schedule 17:48:09
Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Bekas Yang Mogok Di jalan

Jakarta - Motor bekas yang mogok di jalan sangat menjengkelkan, karena Anda harus mendorong motor bekas Anda ke bengkel dan merogoh kocek untuk biaya tambahan. Ternyata kejadian tersebut juga disebabkan karena Anda jarang menservis dan merawat motor bekas Anda. Motor bekas yang terawat tidak hanya membuat Anda nyaman berkendara, tentunya memiliki daya jual yang tinggi sehingga motor bekas tersebut, bisa mendapatkan grade yang bagus di balai lelang JBA. JBA tidak hanya menjual motor bekas dengan berbagai kondisi, jadi seluruh motor bekas Anda tetap memiliki daya jual, walaupun grade yang bagus tetap menentukan minat pembeli ya.

 

Nah berikut cara mengatasi motor bekas yang mogok di jalan:

  1. Mogok disebabkan busi rusak.

Apabila motor bekas mogok disebabkan busi rusak. Cara pertama adalah mengecek kondisi busi tersebut apakah masih berfungsi atau tidak. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan kepala busi dengan cara menggosoknya, kemudian menyalakan mesin motor bekas sambil mendekatkan busi ke bagian mesin.

 

Apabila terjadi percikan api berwarna biru, maka busi masih berfungsi dan bisa segera dipasang kembali. Tetapi jika tidak, maka Anda harus mengganti busi yang baru, karena itu berarti busi sudah tidak bisa berfungsi lagi.

 

Anda juga harus melakukan pengecekan pada selang busi. Apabila busi masih bisa berfungsi, tetapi mesin sudah tidak bisa menyala berarti terdapat kotoran yang menyumbat di dalamnya, sehingga percikan api tidak bisa sampai pada mesin motor.

 

  1. Mogok disebabkan mesin terlalu panas.

Cara yang paling utama adalah Anda dapat mengistirahatkan mesin dengan cara menghentikan kendaraan, hingga mesin motor benar-benar dingin. Lalu, Anda dapat mengoleskan sedikit oli atau pelumas pada lubang tempat busi untuk melumasi piston yang tersumbat dan menyebabkan motor bekas mogok. Setelah itu, Anda dapat menyalakan mesin kembali.

 

  1. Mogok disebabkan bahan bakar habis.

Cara mengantisipasi motor bekas yang sudah tersendat-sendat hingga mogok disebabkan kehabisan bensin adalah dengan mengisi secepatnya. Jika indikator bensin motor bekas sudah mati, Anda dapat mengantisipasinya dengan mengecek tangki bensin dengan membukanya terlebih dahulu.

 

  1. Mogok disebabkan klep tidak tepat.

Hal ini sering terjadi, jika Anda selalu membawa motor bekas ke bengkel tidak resmi. Biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus-menerus, sehingga mesin akan menjadi cepat panas atau overhead. Cara yang paling baik adalah dengan membawa motor bekas Anda ke bengkel resmi untuk meminta mereka memasangkan klep dengan benar.

 

  1. Mogok disebabkan filter motor bekas yang kotor

Filter udara memiliki fungsi yang sangat besar, yaitu menyaring dan juga membantu agar kotoran dan debu tidak bercampur. Jika, filter motor Anda kotor maka membuat motor bekas makin mogok dan mesin tidak dapat bekerja dengan baik, serta tarikan gasnya juga akan lebih berat. Sehingga ada baiknya Anda mengganti atau membersihkan filter tersebut.

 

Nah, itu dia 5 cara mengatasi motor bekas Anda yang mogok. Jika kalian merasa bingung dan ingin bertanya terkait kondisi motor bekas, jangan sungkan untuk menanyakannya ke FI JBA dan CS JBA.

 

Yuk, ikut lelang di JBA! kalian bisa mendapatkan motor bekas impian dengan mudah, aman dan nyaman.  Untuk informasi kendaraan lainnya dapat klik di sini atau dapat menghubungi CS JBA di 021 1500 369.

News author picture

-

-

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp