Tutup Tahun 2020, Penjualan Kendaraan Bekas di Platform Lelang Otomotif JBA Tembus Lebih dari 100.000 Unit

News picture Tutup Tahun 2020, Penjualan Kendaraan Bekas di Platform Lelang Otomotif JBA Tembus Lebih dari 100.000 Unit
date_range 2020-12-31
schedule 12:21:49
Tutup Tahun 2020, Penjualan Kendaraan Bekas di Platform Lelang Otomotif JBA Tembus Lebih dari 100.000 Unit

Selama pandemi, JBA justru mencatatkan peningkatan jumlah pembeli kendaraan bekas hingga 75% dibandingkan tahun 2019.

 

Jakarta, 21 Desember 2020 - PT JBA Indonesia, platform lelang otomotif terdepan di Indonesia, berhasil mencatatkan penjualan kendaraan bekas hingga 100.000 unit, terhitung dari Januari hingga 10 Desember 2020. Proporsi penjualan kendaraan terdiri dari 40 ribu mobil dan 60 ribu motor bekas, sementara jumlah kendaraan bekas yang berhasil dilelang JBA mencapai lebih dari 200.000 unit. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga tutup tahun 2020, mengingat JBA masih mengadakan lelang hingga minggu terakhir Desember.
Dari total penjualan tersebut, ada lima merek mobil dan motor yang menjadi top seller para pemburu otomotif bekas di balai lelang JBA, yaitu: Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Daihatsu Gran Max, Toyota Innova, dan Toyota Calya. untuk kategori mobil; dan Honda Beat, Yahama Mio, Honda Vario, Yamaha NMAX, dan Yamaha Mio Fino untuk kategori motor.
Walaupun dilanda pandemi, nyatanya tren maupun pembeli kendaraan bekas di tahun 2020 justru meningkat tajam. JBA mencatat jumlah pembeli kendaraan bekas melonjak hingga 75% dibandingkan tahun 2019. Hal ini terjadi karena semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas selama pandemi dan mengurangi risiko dari menaiki transportasi umum.
Sebaliknya, angka pembelian mobil baru justru menurun cukup signifikan dibandingkan tahun 2019. Berdasarkan data Gaikindo, lima brand terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50% per bulan Oktober 2019, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Kami sadar, kebutuhan akan kendaraan bekas akan menjadi prioritas yang perlu diperjuangkan. Untuk itu, sebagai marketplace mobil dan motor bekas, JBA telah mengantisipasi dan mempersiapkan rencana strategis sejak awal masa pandemi, agar kami dapat memahami kebutuhan dari penitip kendaraan maupun pembeli,” ungkap Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, menjelaskan produktivitas bisnis JBA di tahun 2020.

Hadirkan Inovasi untuk Mempermudah Pembelian Otomotif Bekas
Sebagai platform lelang otomotif terdepan di Indonesia, JBA terus mempermudah pembelian otomotif bekas dengan menghadirkan berbagai inovasi. Berikut ini adalah lima dari sejumlah inovasi layanan dan sistem yang dirilis JBA sepanjang tahun 2020:
1. Flexi Pay
Program perpanjangan waktu pelunasan bagi member JBA. Fasilitas khusus member mobil JBA ini memungkinkan pembeli mobil bekas untuk melakukan pelunasan hingga 28 hari kalender, dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.
2. Quick Pay
Quick Pay merupakan layanan khusus untuk penitip mobil pribadi atau yang disebut dealer. Program ini memungkinkan penitip mobil perseorangan untuk mendapatkan hasil penjualan lebih cepat, yaitu di hari lelang atau maksimal H+1 lelang.
3. Instant Pay
Masih menyasar penitip mobil pribadi, layanan Instant Pay memungkinkan penitip mobil pribadi langsung mendapatkan pembayaran hingga 70% dari total harga pada hari yang sama mobil dititipkan di pool JBA untuk dilelang.
4. Booking Price
Layanan Booking Price memudahkan member JBA untuk mengajukan penawaran harga sebelum sesi lelang dimulai. Harga yang dibayarkan akan menjadi jauh lebih murah, terlebih jika tidak ada pihak lain yang menawar lebih tinggi dari jumlah yang diajukan, sehingga peluang untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan pun lebih besar. Harga dapat ditentukan atau bahkan diubah peserta lelang yang telah terdaftar maksimal hingga 30 lot sebelum unit tersebut mulai dilelang.
5. On-Off Bid
Layanan ini berfungsi untuk mengurangi risiko kesalahan, masalah pada sistem pengguna, atau ketidaksengajaan menawar unit yang salah. Peserta lelang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur On-Off Bid pada layar gadget saat lelang sedang berlangsung.
“Menyambut tahun 2021, JBA akan semakin gencar mengembangkan bisnis, mulai dari relokasi ke lokasi yang lebih besar, penambahan jumlah cabang dan pool baru, memperbaharui layanan teknologi untuk penitip dan pembeli kendaraan, serta meluncurkan layanan membership berbasis teknologi yang lebih menguntungkan pembeli dan penitip kendaraan perseorangan. Kami akan bergerak cepat dan berinovasi tepat dalam layanan dan operasional agar bisa melayani lebih banyak pembeli yang membutuhkan otomotif bekas,” tambah Deny.
*********
Tentang JBA
PT JBA Indonesia merupakan bagian dari grup PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) yang bergerak dalam bisnis pelayanan transportasi dan logistik. Saat ini, jaringan lelang JBA telah terdapat di lebih dari 18 cabang, hub, dan pool di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Setiap tahunnya, JBA melakukan lelang lebih dari 100.000 unit mobil dan motor bekas per tahun yang menjadikan JBA sebagai balai lelang nomor satu di Indonesia. JBA juga mengadaptasi berbagai teknologi dan sistem komunikasi terkini untuk dapat memberikan yang terbaik bagi penitip kendaraan, pembeli kendaraan, dan masyarakat luas. Informasi lebih lanjut www.jba.co.id dan markom@jba.co.id

News author picture

-

-

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp