9 Cara Ampuh Motor Matic Bekas Agar Awet Rekomendasi JBA

News picture 9 Cara Ampuh Motor Matic Bekas Agar Awet Rekomendasi JBA
date_range 2022-10-06
schedule 17:50:48
9 Cara Ampuh Motor Matic Bekas Agar Awet Rekomendasi JBA

Jakarta – Motor matic menjadi jenis motor yang paling banyak dipakai di berbagai kota di Indonesia. Transmisi yang otomatis, desainnya yang ergonomis, handling yang lebih lincah hingga bagasi yang jauh lebih besar menjadi beberapa keunggulan dari motor matic.. Bila Anda berminat membeli motor matic bekas, Anda bisa mengikuti lelang motor bekas di balai lelang JBA sebagai salah satu pilihan Anda. Membeli motor bekas tentunya juga memerlukan perawatan agar semulus motor matic baru. Berikut cara ampuh untuk membuat motor matic bekas Anda tetap awet:

 

  1. Panaskan mesin motor di pagi hari secara rutin

Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin dapat melumasi mesin dengan sempurna, sehingga perfoma dari mesin motor Anda lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang baik adalah dengan memanaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi baterai dari motor Anda.

 

  1. Gantilah aki motor secara berkala

Sebaiknya Anda mengganti aki motor dalam 7-8 bulan setelah penggantian terakhir. Jika tidak, motor Anda akan kehilangan tenaga. Selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, hingga Anda harus menggunakan kick starter untuk menyalakan motor matic Anda.

 

  1. Gantilah oli motor dan shock breaker secara berkala

Anda harus mengganti setiap 1.000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor matic Anda sudah mencapai 5.000 km. Jika Anda lupa acuan kilometer untuk ganti oli, sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin matic bekas Anda setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang Anda miliki. Untuk jadwal penggantian oli shock motor bisa diganti setiap motor matic bekas Anda mencapai 10.000 km.

 

  1. Check kondisi van belt dan roller

Memeriksa kondisi van belt merupakan hal penting untuk Anda lakukan. Kondisi van belt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor matic bekas Anda berhenti dan tak bisa berjalan lagi. Sebaiknya Anda menggunakan suku cadang yang orisinil sehingga membuat motor matic bekas Anda lebih awet.

 

  1. Stabilkan kecepatan gas

Menurunkan tekanan gas saat motor bekas melajut cepat atau kondisi sebaliknya, dapat berisiko buruk untuk motor Anda. Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin dan van belt motor matic bekas Anda.

  

  1. Jangan sampai kehabisan bensin

Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sampai kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti di jalan karena bensin habis  karena dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic Anda jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakan motor matic Anda berisi bahan bakar yang penuh untuk mengantisipasi hal tersebut.

 

  1. Rutinlah servis motor di bengkel

Perawatan pada servis berkala motor matic bekas biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan setting motor. Anda disarankan untuk service motor matic pada bengkel resmi sehingga motor matic Anda dapat menggunakan suku cadang motor matic yang orisinil. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performa motor matic Anda.

 

  1. Cucilah motor dengan sabun khusus

Saat ini banyak pilihan sabun atau sampo khusus untuk mencuci motor. Kandungan kimia dalam sabun atau sampo khusus tidak membuat warna cat motor matic Anda cepat pudar.

 

  1. Lap bodi motor setelah terkena basah

Kebiasaan sepele yang membuat water spot pada body motor matic Anda rusak, yakni tidak mengelap motor setelah terkena hujan atau pun setelah dicuci. Hal tersebut dapat membuat motor terlihat bercak putih pada bodinya.

 

Nah, cara-cara tersebut cukup sederhana dan mudah bukan? Jika Anda terus melakukan perawatan yang baik untuk motor matic bekas Anda, maka motor matic yang Anda miliki akan terjamin awet. Jika Anda sedang mencari motor matic sesuai dengan kondisi yang diinginkan, Anda bisa klik di sini atau dapat menghubungi customer service di 021 1500 369 untuk informasi lebih lengkap mengenai motor matic di balai lelang JBA.

News author picture

-

-

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp