6 Cara Mudah & Ampuh Merawat Motor Bekas Setelah Kena Banjir, Rekomendasi JBA

News picture 6 Cara Mudah & Ampuh Merawat Motor Bekas Setelah Kena Banjir, Rekomendasi JBA
date_range 2022-10-14
schedule 10:16:12
6 Cara Mudah & Ampuh Merawat Motor Bekas Setelah Kena Banjir, Rekomendasi JBA

Jakarta – Memasuki musim hujan, sejumlah kota kerap kali dilanda banjir. Hal terseut tentu dapat membahayakan kondisi motor Anda, serta ada risiko air masuk ke mesin atau silinder sehingga mengakibatkan kondisi water hammer. Dilansir dari beberapa sumber motor yang terendam banjir dapat berdampak pada oli mesin yang berujung pada kerusakan mesin. Tidak hanya itu, bagian gardan motor juga berpotensi mengalami kerusakan jika oli gardan terkontaminasi air. Berikut cara mudah dan ampuh merawat motor bekas Anda pasca banjir agar kondisinya tetap prima :

 

  1. Bersihkan dan cuci motor dengan air bersih dan sabun khusus.

Anda wajib mencuci motor setelah terendam banjir untuk menghindari korosi atau karat. Jangan lupa untuk menggunakan sabun atau sampo khusus ketika mencuci motor karena kandungan kimia dalam sabun atau sampo khusus tidak membuat warna cat motor Anda cepat pudar.

 

  1. Cek aki dan kelistrikan atau jalur kabel motor.

Jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak, Anda harus memastikan semua kabel, sistem kelistrikan dan aki berada dalam keadaan kering agar tidak terjadi korslet saat motor dinyalakan.

 

  1. Ganti oli mesin dan oli gardan.

Gantilah oli mesin termasuk juga oli transmisi dengan yang baru sehingga dapat meminimalisir risiko adanya air yang mengkontaminasi oli mesin dan oli transmisi.

 

  1. Pastikan CVT kering.

Anda cukup membuang air pada CVT dengan cara membuka atau melepas selang kecil yang terdapat di bagian ujung CVT motor Anda.

 

  1. Periksa filter atau saringan udara.

Buka dan bersihkan filter udara, serta pastikan filter udara motor Anda dalam keadaan kering. Jika kondisi filter udara motor Anda sudah tidak layak pakai, maka gantilah dengan filter udara yang baru.

 

  1. Periksa busi dan tutup busi.

Buka dan keringkan busi serta tutupnya sehingga mencegah kebocoran pengapian motor. Anda juga dapat mencoba menggunakan engkol motor beberapa kali agar air yang ada di dalam silinder bisa keluar melalui lubang busi.

 

Nah, cara-cara tersebut cukup sederhana dan mudah bukan? Jika Anda terus melakukan perawatan yang baik untuk motor bekas Anda, maka motor yang Anda miliki akan terjamin awet. Jika Anda sedang mencari motor sesuai dengan kondisi yang diinginkan, Anda bisa klik di sini atau dapat menghubungi customer service di 021 1500 369 untuk informasi lebih lengkap mengenai motor bekas di balai lelang JBA.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp