5 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas Saat Musim Hujan, Rekomendasi JBA

News picture 5 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas Saat Musim Hujan, Rekomendasi JBA
date_range 2022-10-17
schedule 16:37:28
5 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas Saat Musim Hujan, Rekomendasi JBA

Tidak seperti saat musim panas, mobil bekas Anda membutuhkan perhatian yang lebih intens ketika musim hujan tiba. Jika tidak, performa mobil bekas dapat menurun secara drastis karena beban kerjanya lebih, disebababkan masuknya air hujan melalui sela-sela bagian mobil bekas. sehingga dapat mengganggu kinerja komponen penting di dalamnya.

 

Kadar zat asam yang terkandung dalam air hujan juga meningkatkan risiko kerusakan pada cat mobil bekas sehingga dapat menimbulkan karat. Tetapi jangan khawatir, berikut 5 tips mudah merawat mobil bekas Anda saat musim hujan:

 

  1. Jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil bekas.

Setelah mobil bekas Anda terkena hujan, pastikan Anda mengelap ataupun mencuci bodi mobil bekas sehingga terhindar dari risiko timbulnya jamur di sekitar bagian komponen mobil bekas yang lembab serta menjaga seluruh bagian mobil bekas tidak berkarat karena kadar air hujan yang mengandung zat asam.

 

  1. Rutin memeriksa mesin mobil bekas saat musim hujan.

Anda harus memeriksa bagian dalam mesin mobil bekas secara rutin, karena air hujan bisa masuk ke dalam mesin melalui sela-sela mobil sehingga dapat membuat mobil bekas Anda mogok atau mati mendadak.

 

Jika Anda menemukan adanya bunyi atau getaran yang tidak normal pada mesin mobil bekas, segeralah memeriksa mobil bekas Anda di bengkel terdekat.

 

  1. Pastikan komponen kelistrikan mobil bekas tetap berfungsi.

Komponen kelistrikan merupakan bagian yang paling rentan bermasalah saat mobil bekas terkena hujan. Periksalah kabel listrik satu persatu apakah masih berfungsi dengan baik atau mungkin bisa jadi fungsinya melemah. Komponen kelistrikan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara terutama di malam hari.

 

  1. Rutin memeriksa roda dan rem mobil bekas.

Pastikan daya performa ban mobil bekas maksimal agar Anda tidak tergelincir saat berkendara. Maka dari itu, hindari menggunakan ban mobil yang permukaannya sudah rata atau botak karena akan semakin meningkatkan risiko kecelakaan. Selain itu, air hujan juga cenderung menyebabkan komponen pada rem berkarat sehingga tidak mampu menahan mobil bekas dengan maksimal.

 

  1. Gunakan karpet untuk mencegah jamur

Pada musim hujan, lantai mobil bekas cenderung akan basah ketika Anda masuk dengan alas kaki yang basah sehingga penting untuk menggunakan karpet agar terhindar dari jamur di lantai mobil.

 

Nah, cara-cara tersebut cukup sederhana dan mudah bukan? Jika Anda terus melakukan perawatan yang baik untuk mobil bekas Anda, maka mobil yang Anda miliki akan terjamin awet walaupun menggunakannya di musim hujan. Jika Anda sedang mencari mobil bekas sesuai dengan kondisi yang diinginkan, Anda bisa klik di sini atau dapat menghubungi customer service di 021 1500 369 untuk informasi lebih lengkap mengenai motor bekas di balai lelang JBA.

 

News author picture

-

-

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp