5 Alasan Mobil Transmisi Manual Lebih Irit Bahan Bakar, Benarkah?

News picture 5 Alasan Mobil Transmisi Manual Lebih Irit Bahan Bakar, Benarkah?
date_range 2023-09-27
schedule 15:36:58
5 Alasan Mobil Transmisi Manual Lebih Irit Bahan Bakar, Benarkah?

Transmisi kendaraan adalah sistem kerja yang digunakan untuk mengalirkan tenaga dari mesin ke roda penggerak untuk kendaraan bermotor. Khususnya untuk mobil, terdapat dua jenis transmisi pada mobil, pertama adalah transmisi matic yang menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya secara keseluruhan. Lalu yang kedua ialah transmisi konvensional atau manual.

Mobil transmisi manual telah menjadi pilihan yang populer di kalangan pengemudi yang peduli akan efisiensi bahan bakar. Beberapa alasan mengapa mobil dengan transmisi manual cenderung lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan transmisi otomatis sebagai berikut.

Baca juga: Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Dingin

Alasan Mobil Transmisi Manual Lebih Irit Bahan Bakar

1. Transmisi Manual Membuat Kita Memiliki Lebih Banyak Kendali Atas Kendaraan

Dengan transmisi manual, kamu dapat memilih kapan harus mengganti gigi, sehingga kamu dapat mengoptimalkan putaran mesin dan kecepatan kendaraan untuk kondisi jalan yang berbeda. Misalnya, saat berkendara di jalan raya yang datar, kamu dapat menjaga mobil tetap dalam gigi yang lebih tinggi untuk mengurangi beban mesin, yang gilirannya menghemat bahan bakar.

Perlu diketahui bahwa hal yang paling krusial dalam konsumsi bahan bakar mobil manual adalah teknik perpindahan gigi. Ketika mengendarai mobil manual, mengoper gigi pada putaran mesin tinggi mengakibatkan torsi mesin terbuang sia-sia. Oleh karena itu, untuk menghemat bahan bakar, pengemudi perlu mengetahui kapan dan di mana sebaiknya mengoper gigi.

2. Transmisi Manual Cenderung Memiliki Efisiensi yang Lebih Baik dalam Situasi Berhenti dan Berjalan

Ketika berkendara di dalam kota, mobil dengan transmisi manual memungkinkan kamu untuk dengan mudah mematikan mesin saat berhenti lama, seperti saat menunggu lampu merah. Ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

3. Transmisi Manual Biasanya Memiliki Berat yang Lebih Ringan Dibandingkan dengan Transmisi Otomatis

Bobot yang lebih rendah berarti kendaraan memerlukan daya lebih sedikit untuk bergerak, yang pada akhirnya mengurangi konsumsi bahan bakar. Selain itu, transmisi manual sering kali memiliki lebih sedikit komponen, yang berarti ada lebih sedikit gesekan yang mengurangi efisiensi bahan bakar.

4. Mobil Transmisi Manual Lebih Murah dalam Hal Harga Beli dan Perawatan

Mobil transmisi manual memiliki perawatan lebih murah dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis. Bagi kamu yang ingin menghemat yang dala jangka panjang, mobil ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu miliki.

Jika dibandingkan dengan mobil transmisi matic, maka secara teori mobil transmisi manual dinilai lebih irit. Namun, tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh bagaimana cara pengemudi mengendarai mobilnya. Mobil manual sekalipun jika dikendarai secara agresif tentunya akan membuat bahan bakar cepat habis.

Baca juga: Cara Menghitung Konsumsi BBM untuk Kendaraan Anda beserta Rumusnya

5. Transmisi Manual Tidak Menghabiskan Banyak Daya

Kehilangan tenaga atau daya transmisi yang terjadi pada transmisi otomatis tidak terjadi pada transmisi manual. Hal ini dikarenakan dalam transmisi otomatis, daya yang dihasilkan oleh mesin harus melewati sistem transmisi yang kompleks. Hal tersebut tentu menimbulkan adanya sejumlah energi yang hilang. Namun, dalam transmisi manual, energi yang diperlukan langsung ditransmisikan dari mesin ke roda. Hal ini tentu mengurangi kerugian daya dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan.

Kelebihan Mobil Transmisi Manual Dibandingkan Mobil Jenis Lain

1. Kinerja Engine Brake Optimal

Salah satu alasan mobil bertransmisi manual masih diminati adalah karena kinerja engine brake-nya tergolong superior, terutama saat mobil berada di medan jalan berkontur, seperti pada tanjakan atau turunan yang memerlukan performa mesin yang maksimal.

Meskipun mobil otomatis juga dilengkapi dengan sistem engine brake, namun engine brake yang dimiliki oleh mobil transmisi manual dianggap lebih unggul karena pengaturannya dilakukan secara langsung oleh pengemudi.

2. Biaya Perawatan Mesin Lebih Terjangkau

Kelebihan lainnya adalah biaya perawatan mesin yang lebih terjangkau karena saat melakukan servis, hanya beberapa komponen yang perlu diganti. Hal ini disebabkan karena transmisi mobil jenis ini lebih sederhana dibandingkan dengan mobil otomatis atau matic.

3. Kemudahan Pengendalian

Mobil bertransmisi manual lebih mudah dikendalikan karena mobil jenis ini memberikan kontrol penuh pada pengendara. Hal tersebut tentu memudahkan pengendara dalam proses pengereman, serta mencegah hilangnya kendali saat menekan gas terlalu dalam.

Sebagai contoh, saat mengerem mendadak dengan mobil transmisi manual, mesin akan mati secara otomatis karena pedal kopling tidak ditekan. Hal ini berbeda dengan mobil otomatis yang tidak memiliki fitur tersebut.

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Menarik, kan? Di JBA Indonesia, kamu dapat mengikuti lelang mobil untuk mendapatkan mobil dengan transmisi manual, Loh! Karena unit di JBA Indonesia tersedia berbagai macam unit dengan berbagai kondisi, merek, dan lain-lain. Jika Anda ingin menjual kendaraan bekas Anda, JBA Indonesia juga menyediakan jasa titip jual, lho!

Tata cara ikut lelang di JBA juga sangat mudah. Selain itu, JBA juga memiliki jaringan yang luas karena tersebar di 15 cabang dan 22 hub di beberapa titik wilayah Indonesia. Dan kerennya, kamu bisa ikut lelang secara online yang memudahkan kamu untuk lelang di mana saja. Yuk, ikut lelang di JBA Indonesia dan dapatkan mobil transmisi manual impianmu!

Informasi seputar lelang dapat klik di sini atau hubungi Customer Service di 021 1500 369.

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp