Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran

News picture Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran
date_range 2018-06-05
schedule 10:52:41
Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran

        Mudik adalah suatu hal yang dilakukan setiap tahun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.
Mudik dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang mudik dengan kereta, pesawat, atau dengan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi atau motor. Mudik dengan menggunakan mobil pribadi  atau mobil rental memang menjadi salah satu pilihan favorit. Selain karena alasan kenyamanan, menggunakan mobil pribadi juga jadi salah satu solusi mudik tanpa harus direpotkan dengan antri tiket kendaraan umum atau juga berdesak-desakan.

      Meski mudik dengan mobil pribadi dirasa lebih praktis dan memudahkan untuk transportasi di kampung halaman, namun ramainya arus mudik juga membuat pengendara harus siap menghadapi tantangan besar yang terjadi dijalan salah satunya yaitu kemacetan. Bahkan ramainya kendaraan pribadi pada arus mudik yang diperkirakan terus meningkat membuat perjalanan bisa saja menjadi kurang nyaman. Untuk itu, jika anda ingin mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal seperti tips mudik berikut ini.

  1. Lakukan Pengaturan Barang Bawaan Dengan Baik

       Saat mudik, kebanyakan orang akan membawa barang yang banyak. Mulai dari barang bawaan masing-masing anggota keluarga hingga oleh-oleh yang akan dibawa untuk keluarga di kampung halaman. Akibatnya, mobil jadi penuh dan sesak. Oleh karena itu, agar perjalanan tetap nyaman, maka anda perlu mengatur penempatan barang bawaan anda dengan baik.
       Letakkan barang yang tidak akan digunakan selama perjalanan dalam bagasi, atau tumpukan paling bawah. Untuk barang-barang yang anda ragu apakah akan diperlukan selama perjalanan, maka letakkan pada bagian yang masih mudah untuk diambil saat diperlukan. Sedangkan barang-barang yang sudah pasti akan digunakan seperti obat-obatan, dompet atau pakaian ganti cadangan letakkan pada bagian yang sangat mudah dijangkau.
      Barang-barang yang dirasa kurang perlu, sebaiknya tidak usah dibawa saja. Selain memakan tempat, bawaan berlebih hanya akan menambah beban kerja kendaraan dan tentu saja membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
Pastikan pula barang-barang yang anda  bawa tidak memenuhi mobil sehingga menutupi bagian belakang mobil yang bisa menghambat penglihatan pengemudi.

  1. Berkendara Sesuai Kemampuan

     Saat melakukan perjalanan jauh, jangan pernah memaksakan diri saat mulai terasa lelah. Usahakan untuk menepi dan beristirahat di tempat yang aman dan sudah disediakan jika tubuh merasa sudah lelah dan butuh istirahat. Akan lebih baik jika saat mudik atau melakukan perjalanan jauh, anda memiliki teman perjalanan yang dapat diajak bergantian untuk mengemudi kendaraan yang anda bawa dalam perjalanan mudik Lebaran.
      Saat berkendara di arus mudik, jalanan akan jauh lebih padat dari biasanya. Sebisa mungkin, mengemudi dengan tenang dan tidak mudah terpancing emosi. Jangan tersulut emosi karena tingkah pengemudi lain yang dirasa mengganggu. Pastikan saja anda mengemudi sesuai ketentuan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

  1. Pahami Jalur Perjalanan

     Meski anda sudah terbiasa melakukan perjalanan mudik dan sudah hapal jalur mudik, tetap pelajari perubahan kondisi perjalanan yang terjadi setiap tahunnya. Penambahan titik tempat peristirahatan, pos kesehatan dan juga berbagai letak fasilitas umum lainnya seperti posko mudik, SPBU, pos servis kendaraan akan sangat bermanfaat untuk anda ketahui. Anda dapat mengetahui semua tempat ini dengan membaca berita arus mudik atau juga menggunakan berbagai aplikasi yang terdapat pada smartphone anda.

  1. Pastikan Kondisi Mobil Prima

        Melakukan perjalanan jauh maka harus memastikan jika mobil dalam kondisi yang prima. Lakukan pemeriksaan dan perawatan lengkap sebelum melakukan perjalanan. Cek setiap komponen penting mobil seperti kelistrikan, mesin, kaki-kaki, rem dan juga berbagai fitur lain yang dirasa penting.
       Jangan lupakan untuk melengkapi peralatan penting yang harus selalu ada didalam mobil anda. Sebut saja contohnya dongkrak, kunci roda, ban serep, cadangan air aki dan air radiator. Beberapa bengkel bahkan menyarankan untuk membawa lampu, busi dan juga vanbelt untuk berjaga-jaga. Anda tidak pernah tahu kapan anda akan membutuhkan semua perlengkapan tersebut.
       Mengenai eco-driving skill, ada baiknya para pengemudi melakukan akselerasi secara bertahap. Hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan. Sesuaikan cara berkendara saat menghadapi kemacetan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang boros

  1. Bahan Bakar Kendaraan

        Hal yang terlihat sepele namun sangatlah penting yaitu Bahan Bakar Kendaraan. Pastikan bahan bakar kendaraan anda selalu terisi dengan cukup untuk menghindari panjangnya antrian di SPBU atau jauhnya jarak anda dengan SPBU.
        Pastikan SPBU anda tidak kekurangan saat dalam perjalanan khususnya di Tol untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogoknya kendaraan karena kehabisan bensin saat perjalanan.

 

Sekian Tips dari kami, semoga perjalanan mudik anda menyenangkan.

 

 

Sumber : asapmobil

News author picture

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp