NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Mobil Keluarga Bekas Banyak Dicari Menjelang Lebaran

News picture Mobil Keluarga Bekas Banyak Dicari Menjelang Lebaran

Menjelang Lebaran, aktivitas jual beli di pasar mobil bekas semakin meningkat. Dari sekian banyaknya jenis mobil yang diperjualbelikan oleh perseorangan maupun melalui lembaga jual beli, jenis mobil keluarga menjadi mobil bekas pertama yang lebih banyak dicari.

Dipilihnya mobil keluarga lantaran kendaraan ini cocok untuk digunakan mudik, dan dapat menampung jumlah penumpang hingga tujuh sampai delapan orang. Tentunya, mobil keluarga akan lebih nyaman digunakan bermudik, apalagi bagi konsumen yang melangsungkan perjalanan jarak jauh.

Saat ini, model-model mobil keluarga yang diperjualbelikan semakin bervariasi. Namun untuk pasar mobil bekas, tidak semua mobil keluarga banyak diincar. Sebagian besar konsumen mencari mobil keluarga bekas seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Innova, dan terakhir mobil kelas premium Toyota Alphard.

Dilansir dari Viva.co.id, dikatakan oleh Senior Manager WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih, tidak hanya khusus segmen low dan medium saja yang menjadi pilihan. Multi-Purpose Vehicle (MPV) kelas premium bekas seperti Toyota Alphard kini juga banyak dicari menjelang lebaran.

"Alphard tahun 2010 harganya di kisaran Rp380 juta. Orang yang menengah ke atas, daripada dia beli Innova, mending tambahin buat beli Alphard. Lebih mewah dan bergengsi," kata Herijanto.

Ia menambahkan, mulai banyak dicarinya Toyota Alphard dilihat dari penjualan mobil bekas pakai ini di WTC Mangga Dua, Jakarta. Para pedagang sejak bulan lalu bisa menjual puluhan unit MPV mewah tersebut.

"Yang beli itu ada yang buat pakai sendiri, ada juga yang pedagang. Tapi memang lagi banyak yang cari, untuk mudik," tuturnya.

Sementara itu, pedagang mobil bekas pakai dari showroom Jordy Mobil, Andi, mengatakan, MPV low dan medium tetap jadi tulang punggung penjualan jelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri.

"Masih Avanza, Xenia, Innova, sama Grand Livina yang banyak dicari kalau mau Lebaran. Ini karena harganya masih lumayan terjangkau," kata Andi.

Menurutnya, penjualan jelang lebaran meningkat karena banyak pelanggan yang menjaga gengsi dengan memakai mobil model berbeda meski berstatus bekas.

"Masih ada konsumen yang mikirnya, pulang kampung yang penting ganti mobil. Kalau mereka gantinya dengan yang second kan ruginya sedikit, harga juga bisa dijangkau," tuturnya.

Di sisi lain, menurut Atung pedagang dari show room mobil bekas Auto Blessed di Kemayoran, Jakarta Pusat, peningkatan permintaan mobil keluarga bekas ini sudah mulai terlihat di show room mobil bekasnya.

"Memang sudah mulai terasa naik sedikit. Tiap tahun memang ramai jelang puasa, nanti pas bulan puasa dan dekat lebaran tinggal sisanya," kata Atung.