NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Kabin Mobil Tidak Dingin Saat AC Dinyalakan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

News picture Kabin Mobil Tidak Dingin Saat AC Dinyalakan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

kabin

JBA - AC (Air Conditioner) atau pendingin udara merupakan salah satu fitur standar yang harus ada pada sebuah mobil, sebab dengan ruang kabin yang tertutup rapat dan kedap suara tentu akan membuat hawa panas di ruang kabin sehingga pengemudi dan penumpang menjadi tidak nyaman jika AC mengalami kerusakan atau tidak dingin karena masalah tertentu.

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat pendingin udara atau AC tersebut menjadi tidak dingin?

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto mengatakan bahwa AC merupakan komponen penting pada sebuah mobil, karena itu perlu adanya perhatian khusus bagi para pemilik mobil terutama bagi yang berdomisili di wilayah dengan suhu udara yang panas serta tingkat kemacetan yang tinggi.

“Pastikan AC tetap dingin dan sehat. Meskipun ini merupakan fitur yang penting, akan tetapi terkadang pemilik kendaraan lupa melakukan pengecekan dan maunya ruang kabin tetap dingin terus,” ucap Susanto.

Meskipun nampak terlihat sederhana, namun ternyata AC mempunyai beban yang berat sebab harus mendinginkan suhu kabin. Karena itu, AC normal selalu menjadi alasan mengapa sangat perlu untuk diperhatikan. Susanto juga mengatakan bahwa salah satu komponen AC yang harus mendapatkan perhatian utama adalah motor fan, sebab jika lalai dan kurang memperhatikan kebersihannya, maka akan membuat mesin menjadi panas ketika AC dinyalakan.

“Karena itu kami menyarankan jika mobil sering dipakai bepergian jauh, dan telah berusia lebih dari tiga tahun, maka sebaiknya motor fan diganti. Sebab resikonya motor fan dapat secara tiba-tiba mati di jalan ketika melakukan perjalanan jauh sehingga akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan mengganti di bengkel yang menghabiskan dana sebesar Rp 600 ribu saja,” tambahnya lagi.

Sumber: Viva News