Inilah 4 Akibat Motor Ban Yang Kempes Dipaksa Jalan

News picture Inilah 4 Akibat Motor Ban Yang Kempes Dipaksa Jalan
date_range 2023-05-31
schedule 14:11:47
Inilah 4 Akibat Motor Ban Yang Kempes Dipaksa Jalan

JBA Indonesia - Motor adalah salah satu kendaraan yang sering kali digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, baik berpergian jarak  pendek maupun jauh. Ban motor yang tiba-tiba kempes bukanlah hal yang asing terjadi. Namun,  penting untuk  Anda perhatikan, apabila ban motor tiba-tiba kempes, janganlah memaksakan motor untuk terus melaju.  Hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat sebagai berikut:

  • Kehilangan Kendali

Kempesnya ban dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas motor. Ban yang kempes akan memengaruhi kemampuan motor untuk menstabilkan dan menjaga keseimbangan. Ini bisa membuat Anda sulit mengendalikan arah dan kecepatan motor.

  • Kebocoran Lebih Parah

Jika Anda terus memaksa motor untuk berjalan dengan ban yang kempes, bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada ban. Ada kemungkinan bahwa ban yang kempes bisa robek atau rusak lebih lanjut, hal ini akan menyulitkan perbaikan atau bahkan memerlukan penggantian ban.

  • Kerusakan Komponen Lain

Ketika ban motor kempes, terjadi beban ekstra pada komponen suspensi, seperti peredam kejut atau shock absorber. Memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempes dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini,  kemudian memerlukan perbaikan atau penggantian.

  • Kecelakaan

Salah satu risiko terbesar ketika memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempes adalah meningkatnya risiko kecelakaan. Ban yang kempes dapat mengurangi traksi dan stabilitas motor, membuatnya lebih sulit untuk mengendalikan kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan, tergelincir, atau bahkan terjatuh, mengakibatkan cedera serius.

Penting untuk memperhatikan kondisi ban motor secara rutin dan memastikan bahwa ban dalam kondisi baik sebelum mengendarai motor. Jika ban kempes, lebih baik berhenti dan memperbaikinya atau menggantinya sebelum melanjutkan perjalanan. Memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempes dapat mengakibatkan risiko yang tidak perlu dan berbahaya.

Untuk informasi mengenai tip dan trik seputar otomotif dapat klik disini, dan untuk informasi seputar motor yang akan dilelang Anda bisa cek disini.

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp