Begini Tips Menghilangkan Embun Pada Lampu Mobil

News picture Begini Tips Menghilangkan Embun Pada Lampu Mobil
date_range 2018-02-12
schedule 17:22:23
Begini Tips Menghilangkan Embun Pada Lampu Mobil

JBA - Saat musim hujan biasanya banyak sekali masalah yang kerap kali menimpa para pemilik mobil, salah satunya adalah munculnya embun di bagian lampu utama. Masalah ini tentu akan membuat tampilan mobil menjadi kurang bagus untuk dipandang, masalah lainnya yaitu terganggunya visibilitas pengemudi akibat kurangnya cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil Anda.

Lalu bagaimana embun dapat masuk ke lampu mobil?

Munculnya proses pengembunan pada kaca mobil terjadi akibat dari kondisi sil atau mika rumah lampu yang tidak bagus atau bercelah. Kondisi ini tentu mengakibatkan air atau udara masuk ke dalam mika lampu tersebut.

Bukan hanya embun, jika kondisi sudah parah maka dapat membuat genangan air di dalam rumah lampu sehingga menyebabkan terjadinya korslet pada lampu mobil atau pada jaringan kelistrikan yang lain sehingga menyebabkan mobil mengalami kerusakan.

Mengenai penyebabnya, pada umumnya hal ini terjadi akibat kebiasaan buruk para pemilik kendaraan yang kerap kali memarkir kendaraannya di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung. Sinar panas matahari ini membuat sil menjadi kaku dan menimbulkan retakan. Atau terbukanya sil akibat dari usia mobil yang sudah terlampau tua. Karena itu, jika lampu mobil Anda berembun sebaiknya segera melakukan tindakan.

Tindakan yang dilakukan pun cukup mudah, yaitu cukup menyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit, sebab panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini tergantung pada pori-pori yang terdapat di lampu utama. Jika embun sudah menjadi genangan air, maka mau tidak mau, Anda harus membuka mika lampu dan mengeluarkan genangan air tersebut dari dalam lampu.

Setelah itu, periksalah bagian belakang rumah lampu, lihatlah bagian lubang udaranya, apakah tersumbat atau tidak. Jika bagian lubang udara tersumbat, maka segera bersihkan. Hal ini bertujuan agar kotoran tidak menempel, lalu keluarkan embun dari mika lampu tersebut dengan cara melepasnya searah jarum jam.

Ketika mika telah terlepas, maka nyalakan lampu mobil selama beberapa menit sehingga embun hilang dengan sendirinya. Setelah itu keringkan dan bersihkan, kemudian pasang kembali mika lampu tersebut dengan sangat rapat dan jangan biarkan ada celah sedikit pun untuk air masuk.

Other News
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp