NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

13 langkah jadikan mobil bekasmu semakin oke

News picture 13 langkah jadikan mobil bekasmu semakin oke

Mobil adalah kendaraan yang saat ini banyak dipakai oleh orang-orang hampir diseluruh dunia. Tidak hanya untuk keperluan keluarga seperti kendaraan saat liburan tapi saat ini mobil juga banyak dipakai oleh orang untuk pergi ke kantor atau sekedar pergi dengan teman atau orang tersayang.
Namun tidak semua orang menggunakan mobil baru yang keluar dari showroom, banyak pula orang yang justru memanfaatkan mobil bekas untuk menjadi kendaraan pribadinya. Tetapi banyak yang beranggapan bahwa mobil bekas sulit untuk dirawat. Ternyata cukup dengan 13 tips ini mobil bekasmu akan terlihat semakin baik dan terawat.

  1. Periksa Komponen Mobil Secara Rutin

Hal terpenting yang harus anda lakukan yaitu melihat dan mengecek komponen apa saja yang ada di dalam mobil anda. Pengecekan secara rutin dapat membantu menjaga mobil anda dari kerusakan. Komponen apa sajakah yang harus terlebih dahulu di cek? Mulai dari bagian yang mudah untuk dicek seperti rem, ban, sill dan sok. Kemudian lanjut ke bagian mesin lalu ke bagian interior mobil dan diakhiri dengan bagian luar mobil.

  1. Rutin Mengganti Oli Kendaraan

Seperti yang anda ketahui, oli merupakan pelumas yang memiliki fungsi penting di dalam mobil anda. Untuk itu, kondisinya oun harus dipastikan tetap baik dan terjaga sehingga peforma mobil anda tetap prima. Untuk itu, lakukan penggantian oli secara berkala. Kondisi oli yang sudah lama ataupun sedikit tentunya akan membuat terjadinya gesekan-gesekan antar komponen yang mengakibatkan komponen mesin menjadi cepat rusak. Untuk itu, lakukan pergantian oli kendaraan secara berkala berdasar kebutuhan dari mesin mobil serta jarak yang sudah ditempuh kendaraan.

  1. Memeriksa Radiator

Komponen lainnya yang perlu anda perhatikan kondisinya adalah radiator mobil. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin mesin kendaraan. Jika kinerja nya tidak maksimal, maka tentu saja akan menyebabkan mobil dapat menjadi cepat panas. Sehingga dalam  jangka pemakaian tertentu, perlu dilakukan pergantian air radiator. Selain itu, untuk menghindari terjadinya kerusakan tentunya anda harus melakukan pemeriksaan secara berkala sehingga anda bisa mengantisipasi bila terjadi kebocoran pada radiator mobil anda.

  1. Pastikan Kondisi Air Radiator Penuh

Tak hanya radiator saja, air yang mengisi radiator pun perlu diperhatikan kondisinya. Pastikan jika air radiator selalu dalam kondisi penuh dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Kondisi air radiator ini akan sangat berkaitan dengan mesin kendaraan agar tidak cepat panas.

  1. Rawat Cat Mobil Dengan Baik

Hal pertama yang dilihat orang ketika pertama kali melihat mobil adalah kondsi eksterior mobil, khususnya cat mobil. Cat mobil yang baik dapat menentukan karakter dari si pemilik mobil tersebut. Semakin bagus kondisi cat mobil kamu, maka semakin bagus pula penilaian orang terhadap kamu. Berikut cara merawat cat mobil agar tetap baik.  Hindari parkir di bawah sinar matahari secara langsung, karena sifat sinar matahari yang akan membuat warna cat mobil anda menjadi tampak kusam. Bagi anda yang gemar memakai sarung penutup pada mobil, usahakan untuk tidak menutup mobil saat kondisinya masih basah. Air yang menempel pada mobil dan dibiarkan tertutup akan menyebabkan jamur berkembang biak dan membuat warna cat pada mobil memudar. Penggunaan kain yang halus untuk mengelap permukaannya sehabis dicuci juga akan mencegah timbulnya goresan pada cat mobil.

 

  1. Memerikan Kondisi Ban Dengan Rutin

Kondisi ban mobil bekas tentunya tidak sebaik di mobil mobil baru. Untuk itu penting melakukan pemeriksaan secara rutn untuk memastikan kondisi ban baik saat hendak digunakan. Periksa tekanan angin dan ketebalan ban. Kondisi yang buruk tentu saja dapat mengakibatkan kecelakaan ketika dijalan. (baca juga:

  1. Membersihkan Filter Karburasi

Terkadang tak sedikit mobil-mobil bekas yang susah pada saat dihidupkan, hal ini biasanya diakibatkan kotornya saringan filter kaburasi mobil. Untuk itu, bersihkan filter kaburasi anda secara rutin. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat kotoran-kotoran yang melekat. Namun hindari penggunaan compressor atau hairdryer saat membersihkan filter ini.

  1. Periksa Kondisi Wiper

Wiper akan sangat bermanfaat ketika anda sedang menggunakan kendaraan saat musim hujan. Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara, maka kondisi wiper harus sangat diperhatikan. Bila wiper bekerja tidak baik tentu saja akan sangat berbahaya karena kaca depan mobilterganggu butiran hujan. Bila karet wiper sudah tidak baik, maka lakukanlah penggantian segera. Jangan lupa pula untuk rutin membersihkan wiper.

  1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil anda ketika akan digunakan. Setidaknya lakukan ini 15 menit sebelum mobil dikendarai. Sehingga nantinya mesin mobil anda tidak akan kaget digunakan. Apalagi jika kondisi kendaraan anda lama tidak dikendarai.

  1. Rawat Cat Mobil Dengan Baik

Untuk menjaga agar tampilan mobil tetap dalam kondisi yang menarik, tentu saja anda harus merawat cat mobil anda dengan benar. Caranya pun sangat mudah, hindarilah memarkirkan kendaraan di bawah sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat cat mobil anda menjadi kusam. Usahakan untuk tidak menutup mobil dengan cover ketika kondisinya masih basah. Selain itu, cuci mobil anda dengan rutin dan benar.

  1. Penggantian Timing Belt

Jangan lupa untuk mengganti timing belt anda secara berkala. Komponen ini memiliki fungsi untuk meneruskan putaran pada roda-roda gigi yang dihubungkan pada bagian dalam mesin. Usia pemakaian dari timing belt ini adalah 40.000 km. Sehingga lakukan lah tune up satu hingga dua kali selama satu bulan. Sehingga anda dapat memastikan kondisi-kondisi pada komponen anda dalam keadaan baik.

 

  1. Terus Memacu Mobil Anda

Cara merawat mobil bekas lainnya adalah dengan selalu memacu kendaraan anda melalui injakan gas mobil. Hal ini dilakukan agar kerak yang ada pada mesin bisa keluar melalui saluran knalpot. Penggunaan mesin yang lama bisa saja menghasilkan kerak yang akan merusak komponen. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan keamanan saat anda memacu pada kecepatan tinggi.

Dan yang terpenting adalah

  1. Cintai mobil kamu seperti keluarga

Meskipun mobil yang anda beli merupakan mobil bekas, anda juga perlu mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang untuk mendapatkannya bukan? Jadi  cintailah mobil yang kamu punya, berhati-hatilah dalam mengemudikannya. Tidak usah ugal-ugalan, rawatlah mobil anda setulus anda merawat cinta anda untuk keluarga.